Atasi Kekurangan Listrik, Asian Agri Hadirkan PLTBg

Menteri ESDM, Ignasius Jonan (baju hitam) didampingi Head Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya (paling kanan). meresmikan PLTBg Tungkal Ulu milik Asian Agri.

INFOJAMBI.COM — Penghargaan Anugerah Lestari Award 2017, dan penghargaan platinum (tertinggi) pada ajang Indonesian CSR Award tahun lalu, bukan didapat Asian Agri dengan mudah.

Penilaian perusahaan swasta nasional terkemuka di Indonesia ini sangat peduli pada masyarakat terbukti. Salah satunya dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg), di sejumlah daerah yang selama ini sangat kekurangan pasokan listrik.

PLTBg yang menelan investasi tak sedikit, sebagian besar dipersembahkan untuk masyarakat. Di Provinsi Jambi, PLTBg ketujuh dibangun Asian Agri di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). PLTBg ini mampu mengaliri listrik ke ribuan rumah warga.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, memberi apresiasi pada terobosan Asian Agri itu. PLTBg berkapasitas 2,2 MegaWatt, di kawasan PT Inti IndoSawit Subur (IIS), Tungkal Ulu, diresmikan Jonan, Rabu (24/1/2018).

Listrik yang dihasilkan PLTBg Tungkal Ulu ini sebagian besar diberikan pada masyarakat sekitar perusahaan. Listrik yang dipakai untuk pabrik minyak kelapa sawit milik Asian Agri sendiri justeru sedikit, hanya 700 KiloWatt.

Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Jambi Zumi Zola, Head Sustainability Asian Agri (paling kiri), Bernard Reido. Head Plantation Asian Agri, Bukit Sanjaya (paling kanan) dan James Sembiring, Head Mill Asian Agri (baju putih)

“Di PLTBg Tungkal Ulu, 1,5 MegaWatt dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di sekitar lingkungan pabrik. Sisa listriknya (excess power) baru untuk operasional pabrik,” kata Head Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya.

Menurut Bukit, Asian Agri menargetkan membangun 20 unit PLTBg di semua pabrik minyak kelapa sawitnya di Indonesia. Target ini akan direalisasikan hingga tahun 2020. Asian Agri akan menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.

“Setiap pabrik minyak kelapa sawit kami akan dibangun PLTBg, untuk membantu pemerintah daerah dalam penyediaan pasokan listrik yang ramah lingkungan dan harga terjangkau,” ungkap Bukit. (Doddi Irawan)

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.