Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:31

Ayo… Beli dan Gunakan Produk Pertanian Lokal

Wagub di Pasar Tani || yudi pramono

KOTAJAMBI — Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H Fachrori Umar, mengajak seluruh masyarakat Jambi membeli dan memakai produksi lokal. Hasil produk Jambi tidak kalah dengan dari luar daerah.

Ajakan ini disampaikan Fachrori saat membuka Gelar Produk Pertanian dan Pasar Tani, dalam rangka memperingati HUT ke-60 Provinsi Jambi, di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Kamis.

Wagub menyampaikan, Jambi merupakan daerah berbasis pertanian. Sektor ini memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan dan bahan baku industri sebagai pengerak perekonomian daerah.

“Pengembangan sektor pertanian kedepannya diarahkan pada usaha agroindustri yang lebih berorientasi kepada pasar, sehingga menghasilkan nilai tambah lebih optimal,” kata Wagub.

Wagub mengapresiasi para petani Jambi yang proaktif meningkatkan hasil pertanian, baik pelaku usaha produk pertanian, petani kelompok dan pemakai produk pertanian.

“Saya apresiasi para petani yang produktif dan berdaya saing meningkatkan mutu produk pertanian, baik produk segar maupun olahan. Terus cari celah promosi keunggulan produk dan hasil kerja mereka,” ujar Wagub.

Acara Gelar Produk Pertanian dan Pasar Tani 2017 perlu didukung, karena dapat menjadi ajang promosi, sekaligus sosialisasi produk lokal dan penambahan rasa cinta pada produk daerah sendiri ke masyarakat.

“Ajang ini memberi peluang bagi komunitas pertanian dan pelaku pengelolaan hasil pertanian, perternakan, perkebunan, tanaman anggrek, hidroponik dan penikmat,” jelas Wagub.

Peserta Gelar Produk Pertanian dan Pasar Tani diminta terus berupaya menghasilkan dan menjaga kualitas, kuantitas serta kontinuitas produknya.

Fachrori menghimbau masyarakat Jambi lebih mencintai produk pertanian lokal. Produk Jambi tidak kalah dengan luar. Selain membantu kelanjutan pertanian di Jambi, juga meningkatkan kesejahteraan petaninya.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan Provinsi Jambi, Efrianda Utama, menjelaskan, kegiatan ini diikuti seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

Tujuannya, selain memeriahkan HUT Provinsi Jambi, juga mewujudkan Jambi Tuntas 2021. Tujuan pokoknya, memperkenalkan produk-produk hasil pertanian, tanaman pangan, hortikultura, perternakan, perkebunan serta hasil olahan, ke masyarakat.

Disamping itu juga menyediakan produk-produk pertanian yang masih segar, karena dipasarkan langsung oleh petani dengan harga murah dari harga pasar.

Dalam acara ini terdapat olahan hasil bumi. Sawit yang menjadi unggulan Jambi dijadikan minyak goreng Golden Tropikana, berpusat di Simpang Rimbo. Pabriknya di Suban, Tanjabbar.

Minyak goreng ini sudah didistribusikan ke luar Jambi. Dalam gelaran ini juga ada promo. Harga normal minyak goreng STP 1 liter Rp.11.700 dijual Rp.11.300.

Lomba Gelar Pasar Tani dan Stand Terbaik dimenangkan oleh Kota Jambi, juara 2 Tanjung Jabung Timur dan Juara 3 Kabupaten Tebo. (infojambi.com)

Laporan : Yudi Pramono / SW || Editor : Doddi Irawan

 

Kategori Pendidikan dan Iptek

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.