Babinsa Ajak Warga Manfaatkan Sampah Organik

Penulis : Firdaus
Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Babinsa Kebon lX Koramil 06/Pijoan Kodim 0415/Batanghari, Sertu Sugeng memotivasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan yang bisa merusak dan mencemari lingkungan, tetapi memanfaatkan sampah tersebut sehingga menjadi komoditi yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat, Rabu(6/3/2019).

Di Desa Kebon lX terdapat tempat pengolahan sampah (TPS) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Sukses Bersama” yang diketuai oleh Yus Hermawan terletak di RT 15 Desa Kebon lX Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.


Pada kesempatan tersebut, Sertu Sugeng menyampaikan tentang Manfaat Sampah Organik Bagi Kehidupan, dimana Sampah merupakan hasil buangan proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Sampah juga bisa diartikan sebagai sisa kegiatan manusia sehari-hari dan proses alam, yang membentuk sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dan bisa terurai alami oleh bakteri tanpa adanya campur tangan manusia, namun perlu diberikan suatu bahan kimia dalam membantu proses penguraian. Dampak yang ditimbulkan sampah ini yaitu hasil pembusukan yang menimbulkan bau busuk menyengat, yang dapat menimbulkan penyakit akibat bakteri. Meskipun begitu, sampah ini tergolong sampah yang ramah lingkungan, ujar Sertu Sugeng.

Sampah organik dapat digolongkan menjadi dua kategori yaitu sampah organik basah (pembusukan buah-buahan dan sisa sayuran) dan sampah organik kering (kertas, kayu, ranting pohon, dan daun kering). Keduanya memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari diantaranya Dapat diolah menjadi kompos dan pupuk sederhana, sebagai Tambahan Pakan Ternak, Dapat dijadikan kerajinan tangan, Dapat dijadikan Biogas dan listrik, ucap Sertu Sugeng.

Beberapa manfaat sampah organik yang belum banyak dimanfaatkan karena baunya yang tidak sedap.

Sesungguhnya apabila diolah dengan telaten, dapat dijadikan sebagai peluang usaha dan juga mengurangi global warming. Semoga ke depannya masyarakat bisa sadar akan pentingnya pengolahan sampah organik ini agar Indonesia terbebas dari pencemaran lingkungan, ujar Sertu Sugeng.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Sukses Bersama” Yus Hermawan menyampaikan terima kasihnya dan mengapresiasi kepada Babinsa Sugeng yang selama ini membantu dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan mengajak warga binaannya untuk mengumpulkan sampah, sehingga dapat menambah penghasilan keluarga.***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.