Badan POM Sungai Penuh Temukan Kandungan Zat Rodamin Dalam Cendol Mutiara

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : M ASRORI S

INFOJAMBI.COM – Setelah melakukan pengujian terhadap sample jajanan buka puasa yang banyak dijual di sejumlah pasar bedug atau pasar Ramadhan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM ) Sungai Penuh, menemukan kandungan zat rodamin dalam bahan makanan.

Dari hasil uji Labor yang dilakukan petugas Badan POM Sungai Penuh, dari 16 sample yang diteliti, terdapat satu sample teridentisifikasi mengandung rodamin atau zat pewarna tekstil di dalam bahan minuman cendol mutiara.

Kepala Badan POM Sungai Penuh, Tesi Mulyani, mengatakan, pemeriksaan terhadap jajanan berbuka puasa akan terus dilakukan, selama bulan suci Ramadhan, baik di Kota Sungai Penuh maupun di Kabupaten Kerinci.

Tindakan ini untuk menjaga maraknya penyalahgunaan zat berbahaya pada makanan, ujarnya Jum’at (10/5/2019).

“Untuk mencegah penyalahgunaan zat-zat berbahaya pada minuman dan makanan yang di jual pada pasar bedug, selama bulan ramadhan, kami akan terus melakukan pengawasan di lapangan”, ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli makanan dan minuman, hindari membeli makanan yang memiliki warna terlalu mencolok,” pungkas Tesi.***

Kategori Sungai Penuh

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.