Bakti Sosial Satgas Yonif Raider 142/KJ, Perkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat

Penulis : Tim Liputan || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Tugas Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ menjaga wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste di Nusa Tenggara Timur tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ juga melaksanakan tugas Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan setempat dan Instansi terkait guna mendukung setiap langkah Pemerintah dalam membantu mengatasi permasalahan sosial masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dalam rangka melaksanakan tugas utama menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia – Timor Leste, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ menggelar kegiatan Bakti Sosial untuk masyarakat perbatasan di Lapangan Sekolah Dasar Inpres Betaus Desa Asumanu Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.

Demikian disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M melalui rilis tertulisnya di Mako Satgas Atambua, Senin (24/2/2020).

Letkol Inf Ikhsanudin menjelaskan bahwa Bakti Sosial atau Baksos merupakan salah satu wujud kegiatan dari rasa kemanusiaan terhadap kondisi sesama guna dapat lebih merapatkan kekerabatan dan tali silaturahmi serta merupakan wujud dari rasa cinta kasih, rasa saling tolong-menolong, rasa saling peduli terhadap kondisi masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan.

Adapun tujuan diselenggarakannya Bakti Sosial antara lain untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai sarana aktualisasi dalam membantu sesama, dapat memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan wawasan serta dapat lebih mempererat kekerabatan dan tali silaturahmi antara Satgas Pamtas dengan masyarakat perbatasan yang telah terjalin dengan sangat baik selama ini.

Bakti Sosial yang kami laksanakan berupa pelayanan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan dan pengobatan gratis serta khitanan massal, terdata oleh kami peserta pengobatan sebanyak 100 orang warga dan khitanan massal sebanyak 70 orang warga sekitar Kecamatan Raihat.

Selain melaksanakan pelayanan kesehatan dan khitanan massal, kami juga membagikan bantuan berupa paket Sembako sebanyak 100 bungkus bagi warga yang memang benar-benar sangat membutuhkan di sekitar Kecamatan Raihat.

Kita berharap melalui kegiatan Bakti Sosial ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat perbatasan Indonesia – Timor Leste di daerah penugasan, sehingga dapat lebih memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat di tapal batas.

Untuk tenaga Medis, kita juga memanfatkan tenaga medis dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ sendiri yaitu Letda Ckm dr. Diggivio beserta timnya serta dibantu oleh 8 orang dari Puskesmas Haikesak yang dipimpin oleh dr. Lydia Imelda (Dokter Puskesmas Haikesak) dan Bapak Servlasius Mau (Perawat Puskesmas Haikesak).

“Semoga apa yang kami lakukan untuk warga perbatasan di daerah penugasan ini dapat bermanfaat, baik dari bidang kesehatan maupun bidang perekonomian warga, sehingga dapat mengurangi beban kesulitan saudara-saudara kami di sini,” papar Ikhsanudin.

Bapak Arther H. Rinmalae, S.Ip (53) selaku Camat Raihat mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat perbatasan khususnya dibidang kesehatan dan ekonomi.

Di tempat yang sama, Bapak Gervasius Bau selaku Kepala Desa Asumanu menyampaikan tanggapannya tentang kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ di desanya.

“Kesehatan itu mahal, sehingga kegiatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat sekitar, dengan adanya kegiatan ini warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk kesehatannya,” ujar Garvasius Bau.

Sementara itu, David Mali (68) salah seorang warga Desa Asumanu peserta pengobatan kesehatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang selalu membantu keluhan dan kesulitan masyarakat selama ini.

“Kehadiran bapak-bapak TNI dari Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ khususnya Pos Asumanu sangat membantu kami di sini, dan mereka selalu peduli dengan masyarakat sekitar, khususnya hari ini kami dapat periksa dan berobat secara gratis,” ungkap David Mali dengan tersenyum.

Turut hadir dalam kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ di Desa Asumanu antara lain Camat Raihat Bapak Arther Rinmalae, Danramil 1605-08/Haikesak Kapten Inf Sri Widayat, Kepala Desa Asumanu Bapak Gervasius Bau, Babinkamtibmas Desa Asumanu Bripka Jose Martins, Babinsa Desa Asumanu Serda Fernando Soares, Kepala Sekolah Dasar Beitaus Bapak Paulus Kando Talo, S.Pd, personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ serta kurang lebih 350 orang warga sekitar Kecamatan Raihat.(pen042)

Kategori Lensa

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.