Bamsoet Puji Buku “Relasi Islam dan Haluan Negara” Karya Arsul Sani

Laporan: BS || Editor: Rahmad

Bamsoet. (Dok Ist)

INFOJAMBI.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menulis buku mengupas tentang “Relasi Islam dan Haluan Negara”, melengkapi kehadiran buku ‘Relasi Islam dan Negara’ hasil karya Arsul Sani.

Sebagai politisi, akademisi, sekaligus juga tokoh agama, Arsul Sani sangat tepat mengupas sejauhmana agama memandang keberadaan haluan atau perencanaan dalam kehidupan manusia, khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Perlu dikaji juga relasi Islam dengan haluan negara atau PPHN. Apakah sebuah negara yang tidak memiliki perencanaan jangka panjang, dan membiarkan terjadinya perubahan haluan pada setiap pergantian presiden itu lebih banyak manfaat atau mudharatnya?, ” kata Bamsoet, Selasa (26/10/2021).

Menurut Bamsoet, membiarkan negara tanpa arah dan tanpa haluan serta mengabaikan kesejahteraan rakyat melalui ketidaksinambungan pembangunan yang sedang berjalan, jelas tidak sesuai dengan ajaran Islam.

“Akibatnya, bisa menyeret kepada ketidakpastiaan pembangunan dan penggunaan anggaran negara yang tidak efisien yang berpotensi menimbulkan kerugian negara,” ujarnya.

Bamsoet menegaskan buku ‘Relasi Islam dan Negara’, karya Arsul Sani mengupas bahwa politik atau pengaturan negara termasuk urusan yang bersifat umum, yang berada di ranah ijtihad umat Islam.

“Buku ini menyajikan gambaran mengenai paradigma hubungan Islam dan negara dalam berbagai sudut pandang, yang disusun dalam lima bagian, ” katanya.

Arsul Sani menjelaskan buku tersebut pada dasarnya merupakan catatan dari hasil dialognya sebagai perwakilan rakyat dengan berbagai kelompok masyarakat dan individu khususnya dengan elemen umat Islam di Indonesia.

“Saya bisa menulis ini karena, suka mencatat seperti wartawan karena saya juga dulu pernah ikut bantu-bantu (majalah) PANJI MAS. Kemudian terima tamu, terima elemen masyarakat sebagai anggota DPR, ya kita catat catat juga. Apa yang di sampaikan, tumpukan-tumpukan catatan itulah yang sebetulnya kemudian memberikan bahan untuk menjadikan buku, ” kata Wakil Ketua MPR tersebut

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.