Rabu, 22 November 2017 | 23:17

Bandara STS Tambah Dua Terminal dan Rute Penerbangan

Menhub kunjungi Bandara STS Jambi || agus/rony
Menhub kunjungi Bandara STS Jambi || agus/rony

KOTAJAMBI — Menggunakan pesawat khusus, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, terbang ke Kerinci, melihat langsung kondisi Bandara Depati Parbo, Minggu siang.

Dari Kerinci, Menhub terbang ke Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS), Jambi. Tujuannya sama. Juga ingin melihat langsung kondisi Bandara STS. Menhub disambut langsung oleh Gubernur Jambi, H Zumi Zola.

Kunjungan Menhub ini menunjukkan keseriusan pemerintah pusat mendukung pembangunan tiga bandara yang ada di Jambi. Satu bandara lagi ada Kabupaten Bungo.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, potensi wisata Kerinci harus dikembangkan. Alam Kerinci sangat indah. Ada danau, gunung dan kebun teh. Karena itu, infrastruktur ke daerah itu mesti diperbaiki.

Soal pengembangan Bandara Depati Parbo, Budi sudah bicara langsung dengan Bupati Kerinci, Adirozal. Kemenhub berjanji memperbaiki sarana yang ada di bandara itu.

Menhub minta GM Angkasa Pura mengurusi wisatawan yang mau ke luar negeri dan ke Kerinci. Dia berharap Bandara STS Jambi bisa tingkatkan pelayanannya dan menjadi contoh bagi bandara lain di Indonesia.

Kedatangan Menhub ini buah dari kunjungan Zola ke kemenhub, belum lama ini. Zola menemui Budi Karya Sumadi, menjelaskan pengembangan Bandara Departi Parbo, Bandara Bungo dan Bandara STS.

zola-menhub-2Dalam pembicaraannya dengan Budi, pemerintah pusat menyatakan siap menambah fasilitas di tiga bandara tersebut. Pembangunan dua terminal di Bandara STS, seharusnya 2019, dipercepat menjadi tahun 2017 dan 2018.

“Akan dibangun dua terminal baru di Bandara STS. Pada lahan sebelah kiri luasnya 5.000 meter, sebelah kanan juga 5.000 meter. Ini langkah awal untuk menunjang Bandara STS menjadi bandara internasional,” kata Zola.

Selain bandara, kemenhub juga membantu pembangunan pelabuhan laut di Jambi. Saat ini fokus pada bandara dulu. Jambi dipandang sangat potensial untuk pengembangan perekonomian di sektor perhubungan.

Saat bertemu Menhub, Zola juga membahas penambahan maskapai yang akan terbang ke Jambi. Sudah banyak maskapai bersedia, tinggal lagi menyiapkan fasilitasnya.

“Kita akan buka penerbangan Jambi – Solo, Jambi – Bandung, Jambi – Padang,” ungkap mantan Bupati Tanjabtim ini. (infojambi.com)

Laporan : Doddi Irawan




Kategori Trend

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.