Bangkit Berdaya, Inovasi dan Solusi Akselerasi Pembangunan Kota Jambi

INFOAJAMBI.COM — Banyak sudah inovasi yang terlahir dari tangan dingin seorang Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME,. Salah satunya adalah Program Bangkit Berdaya yang telah diinisiasinya sejak tahun 2014 lalu, yang bertujuan untuk mengatasi berbagai persoalan pembangunan yang ada di Kota Jambi.

Program Bangkit Bardaya, hadir sebagai sebuah inovasi untuk memberi solusi atas keterbatasan dana pembangunan utilitas dan infrastruktur, yang hampir dihadapi oleh seluruh pemda di Indonesia. Bangkit Berdaya telah sukses dan mampu mengakselerasi pembangunan serta mengurangi ketimpangan antar wilayah yang ada di Kota Jambi.

Hal tersebut makin mengemuka ketika Wali Kota Fasha, Minggu pagi (12/11) meninjau langsung pelaksanaan kegiatan gotong royong masyarakat RT 29 dan 31 Kelurahan Bagan Pete, Alam Barajo.

Di lokasi tersebut, Fasha tampak kompak berbaur turut serta bergoyong bersama masyarakat. Tanpa sungkan Wali Kota Fasha turut membantu warga membawa adukan semen memakai lori yang siap di tumpahkan di jalan lingkungan warga.

Bangkit Berdaya merupakan program membangun Kecamatan secara intensif yang berazaskan swadaya. Ini merupakan program percepatan pembangunan sarana prasarana dan utilitas lingkungan yang merata melalui bantuan bahan material/bangunan yang berbasis partisipasi masyarakat.

Dengan Bangkit Berdaya itu, masyarakat yang daerahnya ingin dibangun jalan, drainase, atau pekerjaan fisik utilitas lainnya cukup mengusulkan melalui RT. Lalu dari RT ke Lurah dan ke Camat. Jika usulan diterima, maka RT tersebut akan mendapatkan bantuan.

Bantuan yang diterima bukanlah berupa uang, namun berupa bahan bangunan yang nantinya akan digunakan untuk membangun jalan, drainase atau fisik lainnya yang diinginkan.

Karena program ini mengusung Bangkit Berdaya yang artinya memberdayakan masyarakat sekitar, maka jalan atau drainase tersebut akan langsung dikerjakan oleh masyarakat sekitar secara swadaya. Ini dilakukan dengan cara kebersamaan atau gotong royong. Program ini sekaligus membangkitkan kembali jiwa gotong royong masyarakat perkotaan yang saat ini mulai memudar.

Program Bangkit Berdaya ini, khusus diperuntukkan bagi lingkungan RT yang usulannya belum dapat diakomodir pada Musrenbang Pemkot. Meski begitu, program ini mampu menciptakan pembangunan yang merata berbasis kepada masyarakat di wilayah kecamatan dan kelurahan supaya fokus pada pengembangan sarana/prasarana dan utilitas masyarakat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari program ini. Selain memang menumbuhkan semangat kebersamaan pada warga, kegiatan ini juga sekaligus menghemat anggaran. Karena dalam 1 tahun, Pemerintah Kota Jambi hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 7,5 miliar untuk membangun jalan-jalan lingkungan di kawasan RT. Itu karena pengerjaan jalan langsung dilakukan oleh masyarakat secara suka rela dan gotong royong tanpa digaji atau mendapatkan honor dalam jumlah tertentu.

Program Bangkit Berdaya pun telah mendapatkan penghargaan internasional, yaitu IOPD Award Recognition kategori “Best Citizen Participation” di Montreal Kanada medio Juni lalu. Penghargaan itu juga menempatkan Kota Jambi sebagai 30 besar kota terbaik dari 7000 kabupaten/kota di dunia yang memiliki inovasi sosial inspiratif, yang secara khusus mengedepankan peran serta dan partisipasi komunitas masyarakat. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.