Batanghari Terapkan Bursa Inovasi Desa

INFOJAMBI.COM — Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Batanghari, Fadhil Arief, Selasa (12/12/2017) membuka Bursa Inovasi Desa, di Gedung Pemuda, Muara Bulian, Batanghari.

Kegiatan ini dihadiri seluruh stakeholder, terkait dengan pelaksanaan Program Inovasi Desa (PID).

Fadil mengatakan, Bursa Inovasi merupakan bagian dari tahapan Program Inovasi Desa (PID). Bursa ini menawarkan kegiatan-kegiatan pembangunan desa yang dinilai inovatif.

Program dimaksud selanjutnya bisa ditiru oleh pemerintah desa lain untuk diterapkan dalam pelaksanaaan pembangunan.

“Tujuan mendasar dari pelaksanaan Bursa Inovasi Desa untuk membuka cakrawala berpikir pemerintah desa tentang inovasi yang ada di daerah lain,” ungkapnya.

Dikatakan, inovasi tersebut dapat ditiru untuk selanjutnya diterapkan ke desa masing-masing, sehingga potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia ada di desa terakomodir dengan baik.

Dalam kegiatan ini pula dilakukan penandatanganan kerjasama antara Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) se-Batanghari, dengan sejumlah BUMD dan BUMN, diantaranya Bank Jambi, BNI, Pertamina dan Perum Bulog Divreg Jambi.

“Tujuan MoU ini untuk mendorong potensi ekonomi masyarakat. Kita ambil contoh kedepan BUM-Des akan menjadi agen perbankan yang menyelenggarkaan transaksi keuangan. BUM Desa juga akan menjadi perpanjangan tangan Bulog dalam pendistribusian rastra,” kata Fadhil.

Salah satu kades dari Kecamatan Pemayung mengapresiasi kegiatan Bursa Inovasi Desa. Menurutnya kegiatan ini tak ubahnya ajang bertukar program antar satu desa dengan desa lain. (Raden Soehoer — Batanghari)

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.