Batanghari Tuan Rumah Penyelenggara Hari Krida Pertanian

ADVERTORIAL

Sekda Provinsi Jambi, H M Dianto.

INFOJAMBI.COM – Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-46 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018, direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari, 12-14 Juli 2018 mendatang.

Sekda Provinsi Jambi, H.M. Dianto, mengatakan, pada rapat persiapan HKP, diruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (7/5/18), adanya harapan terhadap peningkatan gizi, kualitas hidup dengan ketersediaan serta kemandirian dibidang pangan.

Lebih lanjut Sekda, menegaskan, peringatan HKP bukan kegiatan seremonial tanpa program yang bermanfaat.

“Untuk tingkatkan gizi masyarakat, kita sebarkan benih ikan, seperti di Klaten (Jawa Tengah) kita buat desa percontohan ikan di sini,” jelas Sekda.

Makanya, bidang Pertanian, Perikanan, Perkebunan, akan menjadi sektor sangat berkaitan dengan masyarakat Provinsi Jambi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kebutuhan bahan pokok terutama cabe seringkali menjadi penyumbang inflasi tinggi.

Menyikapi kondisi itu, Sekda H M Dianto, sangat berharap HKP ke-46 di Batanghari mampu mengurangi permasalahan terkait dengan kebutuhan pangan.

“Penyebaran polybag cabe dijadikan semacam oleh-oleh bagi masyarakat di kegiatan HKP, sehingga masyarakat tahu manfaat dan setiap rumah tangga itu menanam cabe, artinya tidak akan menjadi salah satu penyumbang inflasi,” kata Sekda.

Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Temawisman, menyebutkan, 1.500 orang peserta yang akan mengikuti HKP ke-46 di Kabupaten Batanghari serta 700 orang dari Kabupaten lain, selebihnya dari Pemprov Jambi dan tuan rumah.

“Peserta utama merupakan petani, nelayan, pemuda tani, wanita tani, nelayan, koperasi tani nelayan, peserta pendamping, yaitu aparat Pemerintah atau OPD yang ditugaskan untuk mendampingi atau memfasilitasi. Sedangkan peserta peninjau merupakan anggota DPRD, organisasi profesi, pemerhati, pakar yang bergerak dibidang pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan, serta pelaku agribisnis,” papar Tema. ( Raihan/Agus )

Editor : M Asrori S

Kategori Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.