Jumat, 16 November 2018 | 19:04

Begini Kendala Satgas TMMD Membuka Akses Jalan Desa Pangkal Duri

Laporan Tim Liputan

INFOJAMBI.COM – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 103 Kodim 0419 Tanjab terus melakukan pekerjaan fisik di Dusun Sungai Ayam, Desa Pangkal Duri, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjab Timur.

Dalam kegiatannya, satgas membuka akses jalan, melakukan rehab rumah, membuat sumur bor dan kegiatan non fisik lainnya. Dandim 0419 Tanjab yang juga merupakan Dansatgas TMMD Kodim Tanjab, Letkol Inf M Arry Yudistira mengatakan, dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga 13 November 2018 itu, Kodim 0419/Tanjab menerjunkan 150 personil.

“TMMD ini akan berlangsung sejak tanggal 15 Oktober sampai dengan 13 Nopember 2018, program-program yang kita jalankan disamping sasaran kegiatan berbentuk Kegiatan Fisik pembukaan badan jalan dari Dusun Sungai Ayam menuju Desa Sinar Kalimantan dengan perkiraan sepanjang 2.550 Meter. Pembukaan Jalan ini diharapkan nantinya memudahkan akses darat menuju ibu kota Kecamatan Mendahara,” jelas Dandim 0419/Tanjab.

Dalam kesempatan itu dia menjelaskan, kendala dalam melakukan kegiatan pembukaan jalan adalah tekstur tanahh di lokasi kegiatan. Karena lokasi tersebut adalah daerah rawa dan gambut.

“Jalan ini dibangun di atas lahan rawa dan gambut, sehingga selalu tergenang air hampir sepanjang¬† hari dan menyulitkan alat berat untuk bermanuver secara leluasa seperti di lahan keras di karenakan operator takut alat beratya terbenam,” ujarnya.

Setiap pemindahan alat berat, sambungnya, harus menggunakan ponton dan ini akan memakan waktu. Namun demikian, hal itu tak menyurutkan semangat untuk terus membuka akses jalan yang akan memudahkan masyarakat, terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. ***


Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.