Belasan Peserta Upacara Sesak Napas dan Pingsan

PENULIS : JUMALIS
EDITOR : DODDI IRAWAN

INFOJAMBI.COM — Belasan peserta upacara pengibaran bendera Merah Putih, pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia mengalami sesak napas dan pingsan.

Peristiwa ini terjadi di Stadion Karya Bhakti, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Sabtu (17/8/2019).

Sebelum upacara dimulai hingga selesai upacara, anak-anak laki-laki dan perempuan usia Sekolah Dasar (SD) hingga SMA sudah banyak yang merasa sesak napas, diduga akibat teriknya panas matahari.

Tim medis lapangan yang puskesmas dibantu tim PMI dengan sigap membantu peserta upacara yang ambruk. Mereka dibawa ke mobil ambulan yang telah disiapkan.

Menurut dr. Sari dari Puskesmas II Kualatungkal, belasan peserta upacara yang jatuh pingsan dan sesak napas disebakan kelelahan. Sebelum mengikuti upacara mereka tidak sarapan pagi.

“Mereka hanya sesak dan kelelahan. Sepertinya mereka tidak sempat sarapan pagi sebelum berangkat ke lapangan upacara,” ujar dr. Sari.

Dr. Sari memastikan tidak ada anak-anak yang pingsan dirawat di rumah sakit. Mereka cukup diberi pertolongan pertama, dan bantuan pernapasan dari tabung oksigen.

“Mereka juga diberi makanan ringan untuk menambah tenaga. Tidak ada yang membahayakan kondisinya, hanya sesak napas dan kelelahan,” tandas dr Sari.

Leni, salah seorang murid SD yang pingsan mengaku tidak sarapan pagi sebelum berangkat dari rumahnya. Dia buru-buru berangkat ke lapangan upacara.

“Saya tadi berangkatnya buru-buru, jadi tak sempat sarapan,” ujar Leni. ***

Kategori Lensa

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.