Belum Ada Masalah Stok dan Harga di Pasar Angsoduo

Gubernur Jambi di Pasar Angsoduo

KOTAJAMBI — Mengantisipasi gejolak kenaikan harga pangan dan stok sembako, menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1438 H, seperti kebutuhan beras, cabe, bawang, gula pasir dan minyak goreng, Gubernur Jambi, H Zumi Zola, inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Angsoduo, Kota Jambi, Kamis (25/5).

Dalam sidak tersebut gubernur ingin memastikan ketersediaan bahan pokok, yakni beras, gula, cabe, bawang dan lain-lain, tergolong aman selama bulan puasa dan hari raya nanti.

Semua bahan pokok yang dijual hari ini relatif masih stabil. Ada kenaikan Rp 1.000,- sampai Rp 2.000,-. Kenaikan yang menonjol terjadi pada bawang putih dan daging sapi.

“Harga daging sapi berkisar Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per kilogram. Gula pasir, beras, minyak goreng, cabe dan kebutuhan lainnya stabil,” ujar Zola.

Gubernur telah menginstruksikan dinas terkait, seperti dinas pertanian dan peternakan, agar mempermudah izin bagi pedagang yang ingin menyuplai sapi untuk para pedagang. “Tolong dipermudah, selagi tidak menyalahi aturan,” tegasnya.

Diharapkan ketika ada gejolak kenaikan harga, Bulog segera mendistribusi daging beku ke pasar-pasar. Kebutuhan Pasar Angsoduo, Pasar Talang Banjar, Pasar Simpang Pulai terhadap daging mesti dihitung benar.

Sidak tidak hanya memantau arus distribusi barang, tapi juga stok barang kebutuhan pokok, serta menjaga kualitas barang, agar aman dikonsumsi masyarakat.

Menurut Gubernur, untuk antisipasi gejolak harga, Pemprov Jambi bersama OPD terkait terus memantau. Pemprov akan mendukung seluruh OPD mengadakan pasar murah di beberapa titik di Kota Jambi.

Meski aman, gubernur menghimbau para distributor agar rutin melihat dan mengecek ketersediaan sembako, untuk menghindari kelangkaan sembako dalam menghadapi puasa dan lebaran.

Selain mengecek stok dan harga, Zola juga banyak belanja. Ia membeli ayam, bawang, ikan dan daging untuk dibagi-bagikan pada ibu-ibu yang berada di sekitar lokasi sidak. [infojambi.com]

Penulis : Sapra Wintani / Yudi Pramono || Photografer : Kamarul Zaman

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis,Provinsi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.