Berdasarkan Indeks Demokrasi Indonesia, Provinsi Jambi Diatas Rata-Rata

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan sistem Demokrasi untuk menjalankan pemerintahanya, maka itu IDI dibentuk.

IDI (Indeks Demokrasi Indonesia) merupakan kerja sama antara, Badan Pusat Statistik, Kemenkopolhukam, Bappenas, Kemendagri, dan beberapa tim ahli. IDI didirikan pada tahun 2009, yang bertujuan untuk mengukur tingkat pelaksanaan Demokrasi, perkembangan demokrasi, serta gambaran demokrasi antar Provinsi.

Untuk itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi dan Kepala BPS Provinsi Jambi menggelar FGD (Focus Group Discussion) dalam rangka penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2018 di Provinsi Jambi.

IDI memiliki tiga aspek, yaitu Indeks Kebebasan Sipil, Indeks Aspek Hak-hak Politik, dan Indeks Aspek Lembaga Demokrasi. Perkembangan IDI di Provinsi Jambi, berada di angka 74,12 atau dalam keadaan yang baik. Sementara Tingkat di Indonesia Demokrasi indonesia berada di angka 72, artinya Jambi berada di atas indeks nasional.

Sementara itu Kepala BPS Jambi Dadang Hardiwan mengatakan, kebebasan sipil adalah aspek yang paling baik dibandingkan aspek yang lain.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto menjelaskan, peran masyarakat, OPD di Pemprov Jambi, serta Peran DPRD dan Partai Politik, juga menjadi Faktor penting untuk meningkatnya Indeks Demokrasi Nasional.***

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.