Berikan Contoh, Zola Tunaikan Zakat

Zumi Zola menyerahkan zakat

KOTAJAMBI — Pemerintah Provinsi Jambi mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi melaksanakan pengambilan zakat kepada masyarakat Jambi.

“Pembayaran zakat ini dimulai dari saya dan akan dilaksanakan juga oleh semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Provinsi Jambi serta masyarakat Jambi. Saya menghimbau semua kepala OPD di Pemprov agar membayar zakat bukan hanya diri pribadi, tapi juga keluarga dan jajaran,” ujar Gubernur Jambi, H Zumi Zola saat menyerahkan zakat mal pribadinya pada Ketua Baznas Provinsi Jambi, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (13/6) sore.

Gubernur mengatakan, zakat merupakan salah satu Rukun Islam yang memiliki makna, kewajiban bagi setiap muslim yang mampu untuk membayar zakat dan suatu perintah dari Allah SWT yang wajib hukumnya bagi setiap muslim, serta merupakan suatu bentuk dalam membersihkan harta yang dimiliki.

Zakat juga merupakan bagian dari Hablum Minannas, hubungan antar sesama manusia yang juga merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan, yaitu kaum dhuafa fakir miskin dan yatim piatu.


“Kita telah melakukan berbagai upaya, namun harus diakui kesadaran membayar zakat belum maksimal, mungkin adanya anggapan masyarakat membayar zakat itu sunnah, padahal merupakan salah satu dari Rukun Islam,” terang Zola.

Gubernur mengungkapkan, rendahnya kesadaran masyarakat membayar zakat adalah salah satu tanggung jawab Pemprov Jambi membantu Baznas Provinsi Jambi meningkatkan kesadaran masyarakat, seperti ditekankan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Beberapa waktu lalu saya banyak diskusi dengan Wakil Ketua Baznas Pusat mengenai program penyaluran zakat. Harus ada perhatian lebih, agar zakat tersalurkan dengan baik. Pemprov Jambi siap mendukung,” tutur Zola.

Gubernur menghimbau seluruh bupati dan walikota di Provinsi Jambi untuk menyampaikan kepada jajaran masing-masing dalam menunaikan pembayaran zakat, serta menghimbau seluruh masyarakat Jambi segera menunaikan zakat.

Ketua Baznas Provinsi Jambi, Drs H Amirullah Amid SH MH menjelaskan, acara penyerahan zakat yang dilaksanakan Gubernur Jambi merupakan refleksi dari acara penyerahan zakat mal kepada Baznas Pusat, di Istana Negara oleh Presiden Jokowi beserta jajaran kabinet. Presiden Jokowi dan Baznas Pusat mengharapkan gubernur dan jajaran melaksanakan pembayaran zakat mal juga.

“Alhamdulillah, Gubernur Zola merespon positif anjuran Presiden Jokowi untuk membayarkan zakat mal,” ujar Amirullah.

Amirullah mengungkapkan, sebagian zakat Presiden Jokowi beserta jajaran kabinetnya diserahkan pada beberapa provinsi di Indonesia, terutama yang ada suku terasingnya, termasuk Jambi. Baznas Provinsi Jambi telah berkoordinasi dengan Baznas kabupaten agar segera menyalurkan zakat dari Presiden Jokowi.

“Kami akan mendaftarkan semua kepala OPD Pemprov Jambi melaksanakan zakat mal ini sesuai harta yang dimiliki, tidak lupa pula kami akan melaporkan kepada Baznas Pusat bahwa Gubernur Zola beserta jajaran telah melaksanakan anjuran yang disampaikan Presdien Jokowi,” pungkas Amirullah. (infojambi.com)

Penulis : Richi || Foto : Kamarul Zaman

 

Kategori Agama,Provinsi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.