Selasa, 23 Mei 2017 | 06:13

Bermain Imbang Kontra Filipina, Peluang Indonesia Lolos ke Semifinal Tipis

bermain-imbang-kontra-filipina-peluang-indonesia-lolos-ke-semifinal-piala-aff-2016-semakin-tipisFILIPINA – Peluang Timnas Indonesia untuk dapat lolos ke babak semfinal Piala AFF 2016 semakin tipis. Hal tersebut menyusul hasil imbang 2-2 yang diraih anak asuh Alfred Riedl saat jumpa tuan rumah Filipina di Filipina Sport Stadium, Selasa (22/11/2016).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Dengan mengandalkan pola 4-4-2, Indonesia coba memanfaatkan keunggulan di lini tengah. Terlebih dengan kehadiran Evan Dimas sebagai motor serangan.

Peluang pertama didapat Indonesia melalui kaki Andik Vermansyah di menit keempat. Pemain Selangor FC itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti namun masih lemah, sehingga dapat ditangkap dengan mudah.

Fachrudin sukses membuka keunggulan Indonesia di menit tujuh. Berawal dari skema tendangan bebas, Stefano Lilipaly mengirimkan umpan ke kotak penalti. Dengan memanfaatkan tinggi badan, Fachrudin sukses menanduk bola untuk membawa Indonesia memimpin 1-0.

Unggul satu gol Indonesia terus menekan pertahanan tuan rumah. Lima menit berselang Merah Putih nyaris menambah keunggulan melalui pergerakan Boas dari sisi kiri. Boaz yang menusuk ke kotak penalti melepaskan umpan tarik ke mulut gawang. Sayang bola berhasil dibuang oleh bek filipina.

Kesalahan dibuat bek Yanto Basna yang langsung dicuri oleh Mike Ott di menit 21. Beruntung tendangannya dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran.

Indonesia langsung membalas melalui serangan balik. Namun kerja sama Boaz dengan Andik masih mampu dipatahkan oleh Ronald yang tampil cukup baik setelah kebobolan.

Tuan rumah Filipina akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 32 melalui sontekan Misagh Bahadoran. Memanfaatkan tendangan bebas Stephan Schrock, Bahadaron yang berada di tengah barisan bertahan pemain Indonesia sukses menceploskan bola.

Indonesia nyaris kembali unggul atas Filipina di menit 35 melalui Boaz. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Roland, pemain Persipura Jayapura itu berhasil menceploskan bola ke gawang tuan rumah. Sayang Boaz sudah lebih dulu terperangkap offside.

Setelah menyamakan kedudukan, Filipina makin bersemangat untuk mencetak gol kedua. Namun di lain pihak, para pemain belakang Indonesia justru kerap melakukan kesalahan yang tidak perlu. Namun hingga wasit meniup peluit babak pertama skor masih sama kuat 1-1.

Babak Kedua

Filipina langsung menggebrak selepas jeda. Kembali Mike Ott menjadi momok menakutkan lini belakang Indonesia lewat tusukannya ke kotak penalti. Beruntung ketenangan Yanto Basna berhasil mengmankan pertahanan Merah Putih.

Indonesia coba keluar di menit 51 dengan memanfaatkan kecepatan Andik dari sisi kanan. Mendapatkan bola dari tengah lapangan, Andik langsung menusuk hingga kotak penalti. Ada kontak dengan pemain bertahan tuan rumah di kotak penalti namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Stefano Lilipaly! Indonesia nyaris kembali unggul atas tuan rumah di menit 58 melalui sepakan Lilipaly. Mendapat umpan terobosan Boaz, Lilipaly melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Namun, kesigapan Ronald di bawah mistar berhasil menepis bola dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Merah Putih terus mengurung pertahanan Filipina. Kali ini giliran Evan Dimas yang mencoba peruntungannya untuk mencetak gol. Namun, tendangannya dari luar kotak penalti masih tepat di pelukan penjaga gawang.

Menit 61 giliran Andik Vermansyah yang mengancam gawang tuan rumah. Namun, tendangan keras dari dalam kotak masih membentur mistal gawang Filipina.

Boaz akhirnya sukses membawa Merah Putih kembali unggul 2-1 atas tuan rumah Filipina. Pemain yang membela klub Persipura Jayapura itu berhasil memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Andik Vermansyah yang membentur mistar gawang di menit 71

Tiga menit berselang, tuan rumah mencoba peruntungannya melalui tendangan bebas Younghusband. Beruntung penampilan apik Meiga di bawah mistar masih mampu menepis bola.

Tuan rumah Filipina kembali sukses menyamakan kedudukan jadi 2-2 melalui Philip Younghusband. Melalui skema tendangan bebas, Younghusband langsung mengarahkan bola ke pojok kanan gawang dan gagal dijangkau Kurnia Meiga.

Indonesia terus menekan di sisa waktu untuk dapat menjaga asa lolos ke babak semifinal. Sayang tendangan keras Lilipaly dua menit jelang bubaran masih menyamping di sisi kiri gawang Roland. Hingga wasit meniup peluit panjang pertandingan kedudukan tetap 2-2.

Susunan Pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Lestaluhu, Benny Wahyudi, Fachruddin, Yanto Basna; Stafano Lilipaly, Rizky Pora, Andik Vermansyah (Zulham 76’), Evan Dimas (Bayu Pradana 81′); Boas Salossa, Lerby (Sinaga 86’).

Filipipna: Roland, Armani, Hikaru (Ramsey 55’), Manny Ott, Kevin, Jeffrey, Martin, Stephan, Philip Younghusband, Misagh Bahadoran, Mike Ott (Hartmann 75’).

Sumber : okezone.com

Kategori Olahraga dan Trend

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.