BI Jalin Kerjasama Kemandirian Ekonomi dan Pemanfaatan Teknologi Informatika

KOTAJAMBI — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jambi melakukan penandatanganan MoU Kemandirian Ekonomi dan Pemanfaatan Teknologi Informatika di lingkungan pesantren.

MoU dilakukan BI dengan PT Telkom Indonesia Wilayah Jambi, Mahad Aljamiah Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi dan Pondok Pesantren An-Nur Tangkit.

Penandatanganan kerjasama diadakan di Kantor BI Jambi, bersamaan dengan acara buka puasa bersama, dihadiri pihak Telkom, STIKOM, pondok pesantren, FORWEB dan GENBI, Selasa (20/6).

Kepala BI Perwakilan Jambi, V Carlusa, menyampaikan, selaku regulator, BI memberi perhatian serius dan sungguh-sungguh dalam mendorong perkembangan ekonomi Islam. Salah satunya mendorong terciptanya kemandirian ekonomi melalui usaha ekonomi di lingkungan pesantren.


Dikatakan Carlusa, tahap awal usaha penciptaan kemandirian ekonomi pesantren yang diikuti BI, adalah kajian yang dilakukan kantor pusat BI mengenai pembentukan kawasan khusus ekonomi dan keuangan syariah.

“Kajian tersebut memerlukan analisis terhadap aktivitas dan modal usaha sektor ekonomi syariah di Indonesia. Salah satunya dimotori oleh pesantren. Survei telah dilaksanakan di Provinsi Jambi pada lima pesantren. Sebagai kontributor diantaranya yayasan,” ujar Carlusa.

Menurut Carlusa, langkah penciptaan kemandirian dilanjutkan pengembangan usaha pesantren yang memiliki potensi usaha sesuai karakteristik pesantren. Program pengembangan ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama.

“Program pengembangan akan difokuskan pada peningkatan kapasitas ekonomi pesantren dalam mengoptimalkan aset yang dimiliki saat ini. Program yang berjalan diharap mendorong terwujudnya good governance dan meningkatnya kualitas SDM pengelola maupun pengajar di lingkungan” pungkasnya. (infojambi.com)

Laporan : Yudi Pramono

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.