Bikin Pasien Covid Ceria, Ini Cara Nakes Bapelkes Jambi

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Tenaga kesehatan (nakes) merupakan garda terdepan dalam menangani pasien covid-19. Pengabdiannya patut diacungi jempol. Mereka layak disebut pahlawan kesehatan.

Di Jambi, nakes itu ada yang bertugas di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Jambi yang dijadikan Rumah Isolasi Pasien Covid-19.

Bapelkes ini berada di Jalan Lintas Jambi – Muarabulian, Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Muaro Jambi. Lembaga milik Pemprov Jambi ini berada di bawah kendali Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi.

Senin malam, 28 September 2020, seusai makan malam, sekira pukul 20.00 WIB, suara merdu diikuti alunan musik tim nakes terdengar di telinga para pasien Rumah Isolasi.

“Demi Kau dan si Buah Hati”. Lirik lagu ini mengawali hiburan gratis ala nakes Bapelkes….

Mengapa harus begini
Tiada lagi kehangatan
Memang kusadari
Sering kutinggalkan
Kau Seorang diri

Bukannya aku sengaja
Meninggalkan Kau Sendiri
Aku menyadari Bukan Sandiwara
Kasihmu Kepadaku Tiap Malam Engkau kutinggal pergi

Bukan bukannya aku sengaja
Demi kau dan sibuah hati
Terpaksa aku harus begini Tiap hari hingga malam berakhir

Kutahu kau tersiksa karena diriku
Sejujurnya aku katakan
Tiada Satu pengganti dirimu
Bukannya aku sengaja
Meninggalkan Kau Sendiri
Aku menyadari Bukan Sandiwara
Kasihmu…

Benar rupanya, suara itu berasal dari gedung jaga nakes. Dokter dan perawat yang baik hati, para pejuang kesembuhan pasien corona itu lantas bersorak…”semangat sembuh….”

Tak sampai di situ, dari sumber suara terdengar suara nakes bertanya, mau request lagu apa ?

Antusias para pasien isolasi membludak… Masing-masing mengirim judul lagu kesayangannya lewat grup WhatsApp “Bapel Ceria”.

“Mantap… Nakes dan pasien sama-sama gembira. Sangat terhibur. Ini semoga bisa membuat pasien isolasi cepat sembuh,” kata pasien 423, JP, 27 tahun.

Bukan hanya pasien isolasi yang dihibur. Para nakes yang sedang meninggalkan keluarganya pun menghibur diri dengan berjoget. Tingkah mereka membuat para pasien tersenyum.

Rasa persaudaraan di antara penghuni rumah isolasi pasien OTG dengan nakes sangat terasa. Mereka saling menguatkan dan peduli. Itu tampak dari komen-komen di grup WhatsApp.

Para pasien isolasi sangat semangat mendengarkan alunan lagu demi lagu penghibur lara kala sepi berada jauh dari keluarga dan kerabat.

Tak kalah juga, banyak yang berjoget di depan kamar masing-masing. Sambil membakar keringat malam.

Setiap pagi pasien isolasi ini rutin olahraga senam dan joging. Harus diakui, para nakes melayani pasien dengan baik dan penuh kasih. Ini bukan mengada-ada.

Kepala Bapelkes Provinsi Jambi, Ahmad Fauzi SH M.Kes mengakui, dalam mengelola, mengurus dan memutus mata rantai penularan Covid-19 ini harus serius dan kerja ikhlas.

“Kami harus punya keyakinan dan prinsip. Kami kerja ikhlas atas nama kemanusiaan. Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kesehatan kepada kita semua. Itu motto saya dalam bekerja,” ujar Fauzi.

Fauzi setiap hari memantau dan memastikan semua pasien rumah isloasi terlayani dengan baik. Dia mengutamakan pelayanan dan kemanusiaan.

Rumah Isolasi Bapelkes Pijoan dihuni puluhan pasien OTG, dengan semangat sembuh gass poll. Jaga kebersihan, patuhi protokol kesehatan, jangan lalai. ***

#BuangCorona #CoronaMusuhBersama

Kategori Kesehatan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.