BKKBN dan Saniatul Sosialisasikan PK 2021 dan Banggakencana di Tebo

Penulis : Dodik

INFOJAMBI.COM – Sosialisasi penguatan Pendataan Keluarga (PK) dan Kelompok Sasaran Program Banggakencana, juga dilaksanakan di Kabupaten Tebo, Selasa, 27 April 2021.

Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Tebo, Jalan Lintas Jambi – Bungo, Desa Sungaialai, Kabupaten Tebo Tengah.

Sosialisasi dihadiri Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi, Dra Sri Banun Saragih, dan anggota Komisi IX DPR RI, Hj Saniatul Lativa.

Dalam sosialisasi ini, Sri Banun Saragih menyampaikan pentingnya Pendataan Keluarga (PK) 2021 bagi pemerintah daerah.

Dengan pendataan itu akan diperoleh basis data keluarga, untuk pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (banggakencana).

“PK 21 menghasilkan data individu by name by address. Data ini menjadi peta sasaran intervensi program, dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa sampai RT/RW, bahkan keluarga sebagai unit analisis terkecil,” papar Sri.

Sri menjelaskan, basis data ini menghasilkan profil Pasangan Usia Subur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, dan keluarga dengan lansia yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun, kecuali melalui pendataan keluarga.

“PK 21 diharap menghasilkan data berkualitas melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan dan keluarga,” ujarnya.

BACA JUGA : BKKBN Bersama DPR RI Sosialisasi PK21 dan Banggakencana di Kota Jambi

Menurut Sri, PK 21 juga menghasikan Indeks Pembangunan Keluarga (I Bangga). Tujuannya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan sehat.

Keluarga berkualitas meliputi tiga dimensi, yaitu ketenteraman, kemandirian dan kebahagiaan.

PK 21 juga akan menyediakan data dan informasi keluarga beresiko stunting. Karena itu diperlukan dukungan semua pihak untuk menyukseskannya.

Kegiatan ini diharap berjalan sesuai aturan, agar menghasilkan data akurat, valid, relevan dan bertanggungjawab, sebagai dasar perencanaan kebijakan dan pelaksanaan operasional program banggakencana dan program pembangunan lainnya.

Seusai acara, anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi, Saniatul Lativa, dan Sri Banun Saragih menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Tebo. ***

Kategori Nasional

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.