Selasa, 26 September 2017 | 01:45

BNPB : 1.479 Rumah Terendam di Jambi

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA – Banjir yang merendam beberapa wilayah di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi, sejak Jumat (2/12) dini hari, hingga saat ini masih merendam beberapa Desa di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Tabir Ilir, Margo Tabir, dan Tabir Timur, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di jakarta, Minggu (4/12) malam.

Adapun desa-desa yang terendam banjir di Kecamatan Tabir Ilir adalah Desa Rantau Limau Manis dan Desa Ulak Makam. Sedangkan di Kecamatan Margo Tabir, ada Desa Lubuk Bumbun dan empat desa di Kecamatan Tabir Timur, yaitu Desa Padang Kelapo, Lebak Bento, Ranto Tenang dan Desa Kembang Bungo.

“Korban Jiwa: satu orang meninggal dunia karena hanyut atas nama Adam (35), Jumat (2/12) korban sudah ditemukan dan dimakamkan,” kata Sutopo.

Sementara kerugian materil: Sebanyak 1.479 unit rumah terendam banjir, perinciannya di Kecamatan Tabir ilir di Desa Rt Limau Manis ada 245 Unit Rumah Terendam dan di Desa Ulak Makam ada 64 Unit Rumah, di Kecamatan Margo Tabir, di Desa Lubuk Bumbun ada 800 Unit Rumah terendam.

Sementara di Kecamatan  Tabir Timur, di Desa Padang Kelapo: 147 Unit Rumah, Desa Lebak bento: 17 Unit Rumah, di Desa Ranto Tenang: 53 Unit Rumah dan di Desa Kembang Bungo ada 153 Unit Rumah terendam.

Menurut Sutopo, singkat kronologis terendamnya rumah warga setempat, yakni berupa hujan deras disertai meluapnya sungai Batanghari. Upaya BPBD setempat telah melakukan evakuasi dan pendataan.

“Kondisi Mutakhir: tinggi muka air ± 50-150 Cm dan kebutuhan mendesak: BPBD membutuhkan perahu karet, logistik dan air bersih,” ujarnya. (infojambi.com/A)

Laporan : Bambang Subagio

 

Kategori Nasional

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.