BPBD Batanghari Butuh Alat Evakuasi Mandiri

Penulis : Raden Soehoer || Editor : Wahyu Nugroho

Plt Kaban BPBD Batanghari M Syar’i Saman (foto Raden Soehoer)

INFOJAMBI.COM – Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Batanghari masih kekurangan alat evakuasi mandiri seperti perahu, tenda dan peralatan lainnya. Untuk BPBD hanya mempunyai tiga tenda.

Jika untuk mengevakuasi korban banjir, tiga unit tenda yang ada saat ini tentunya tidak mencukupi. Masalahnya, satu unit tenda tersebut hanya bisa menampung kurang lebih 50 jiwa.

Begitu juga dengan perahu evakuasi korban atau sejenisnya. BPBD Batanghari masih membutuhkan 6 unit perahu karet.

“Harusnya, untuk perahu karet atau yang sejenisnya untuk setiap kecamatan satu perahu. Kita punya tujuh kecamatan diluar Bajubang. Nah tujuh kecamatan ini rawan banjir, artinya kita harus menyediakan tujuh perahu evakuasi mandiri,” kata Plt Kaban BPBD Batanghari M Syar’i Saman Selasa (12/5/2020).

Lebih jauh dikatakannya, masih banyak lagi peralatan dan sarana yang dibutuhkan. Misalnya kendaraan roda empat. BPBD membutuhkan mobil double cabin untuk menempuh terjal.

“Terkadang ada kejadian yang medan nya sangat sulit dijangkau dengan kendaraan. Mobil yang ada saat ini tidak ada yang double cabin. Jika bertemu jalan terjal, hanya mobil double cabin yang bisa melintasi jalan tersebut. Ini juga akan kita ajukan, semoga disetujui,” pungkasnya***

Kategori Batanghari

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.