BRG Bangun Sumur Bor di Bekas Lahan Gambut yang Pernah Terbakar

PENULIS : RIFKY RHOMADONI
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Badan Restorasi Gambut (BRG) membangun sumur bor, dilahan milik warga yang pernah terbakar, yang berada di Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (7/8/2019) Kepala BRG Nazir Foead, serta Deputi 2 BRG, dan Kasub Pokja Jambi, turun langsung untuk mengecek kondisi sumur bor yang akan dibangun.

Di tahun 2015 lalu Desa Catur Rahayu mengalami kebakaran hutan dan lahan tang cukup parah. Setelah api berhasil dipadamkan, untuk memulihkan lahan gambut kembali, BRG memberikan beberapa program, salah satunya membangun sumur bor.

Nantinya sumur bor di fungsikan untuk membasahi lahan gambut yang telah kering, dan mencegah kekeringan dilahan gambut saat musim kemarau tiba.

Saat ini sudah ada 194 sumur bor yang telah dibangun pada tahun 2018 lalu, dan akan kembali dibangun 50 sumur bor tahun Ini, dengan kedalaman sumur yang mencapai 40 meter di bawah permukaan lahan gambut.

Menurut Kepala BRG, Nazir Foead, di Jambi menjadi tempat yang beda, dari provinsi yang lain, dalam memulihkan kembali lahan gambut, Masyarakat Ikut serta untuk mengelola dan membangun lahan gambut kembali.

Ditahun ini, lahan gambut di Desa Catur Rahayu sempat terbakar, namun bisa di padamkan.

Menurut Koordinator Masyarakat Peduli Api, Juanda, saat kebakaran kemarin, tim karhutla cukup kesulitan memadamkan api, karena air yang ada dikanal berjarak cukup jauh, dari lokasi lahan yang terbakar.

Dengan dibangunnya sumur bor ini, semakin memudahkan untuk menjangkau titik lahan yang akan dibasahi.

Dalam satu bulan terakhir, di lahan gambut Desa Catur Rahayu, telah tiga kali mengalami kebakaran.

Nantinya di sumur bor yang akan dibangun, setiap 10 sumur bor akan diberikan 1 mesin pompa air, serta alat alat yang difungsikan untuk memadamkan.***

Kategori Lensa

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.