Brimob Polda Jambi Siap Bantu Upaya Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Penulis : Andra Rawas || Editor : Wahyu Nugroho

INFOJAMBI.COM – Satuan Brigadir Mobile (Satbrimob) Polda Jambi menggelar pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Pelatihan itu dibuka oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi dengan apel bersama personel Brimob Polda Jambi, Sabhara dan Manggala Agni di lapangan Makobrimob Polda Jambi, Kamis (23-07-2020).

Pelatihan ini menggandeng Pelatih dari Manggala Agni, berlangsung selama sehari.

Dalam sambutannya Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan personil Polda Jambi khususnya Satbrimob Polda Jambi dalam menghadapi berbagai bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan.

“Pelatihan ini akan memprioritaskan pencegahan dengan pola deteksi dini dan monitoring pengelolaan ekosistem gambut pengendalian titik api atau hotspot yang muncul serta penegakan hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan sebagai upaya terakhir dan penanggulangan Karhutla,” kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Alumni Akpol 1988 ini juga meminta para peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik.

“Sungguh-sungguh pahami materi dan kompetensi yang diberikan jika ada hal yang belum dipahami ditanyakan kepada instruktur sehingga ilmu yang diterima dapat diimplementasikan dengan baik dalam pelaksanaan tugas,” pungkasnya.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol Noer Hudaya mengatakan, Satbrimob Polda Jambi siap mendukung upaya pencegahan dan penanganan Karhutla di Provinsi Jambi.

“Kami mengerahkan 250 personel Brimob yang nantinya akan membantu pencegahan dan penanganan Karhutla,” kata Kombes Pol Noer Hudaya.

Menurutnya, pelatihan ini untuk mempersiapkan personel Brimob dalam menghadapi Karhutla.

“Jadi anggota kita dilapangan itu biar tau apa yang harus dilakukan, baik secara teori maupun prakteknya dalam menggunakan peralatan baik kemudian ciri-ciri di area lahan gambut.” tandasnya.***

Kategori Lensa

Tags: ,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.