Jumat, 22 September 2017 | 18:26

BTPN Wow! Dorong Perluasan Akses Keuangan

Diskusi bertema Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua || foto : lery RD
Diskusi bertema Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua || foto : lery RD

KOTA JAMBI – KORAN SINDO bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menggelar diskusi bertema Laku Pandai: Akses Keuangan untuk Semua. Laku Pandai merupakan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada akhir Maret 2015.

Hadir sebagai pembicara Kepala Kantor OJK Provinsi Jambi Darwisman dan Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal.

Berdasarkan survei tingkat literasi keuangan Indonesia yang dilakukan OJK pada 2013, jumlah masyarakat yang memiliki akses ke lembaga keuangan formal baru  sebesar 21,8%.  Laku Pandai merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi industri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN mengagas BTPN Wow! sebuah layanan perbankan bagi mass market yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN untuk meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

“Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah peta perilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pionir dalam inisiatif ini. Fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM, kami yakini menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai,” tutur Sales Management Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal.

Dengan hadirnya BTPN Wow! kini masyarakat bisa menikmati berbagai layanan perbankan seperti pembukaan rekening, tarik, dan setor uang melalui agen bank dengan biaya yang sangat murah. Agen dapat berbentuk warung maupun agen penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil.

Nasabah juga dapat melakukan berbagai transaksi diantaranya mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar tagihan listrik/air melalui telepon genggam. BTPN Wow! menggunakan teknologi USSD atau Unstructured Supplementary Services Data yang dapat beroperasi di segala jenis telepon genggam berbasis GSM (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum.

Target nasabah BTPN Wow! adalah masyarakat yang belum pernah memiliki rekening bank, tetapi mereka sudah terbiasa menggunakan telepon seluler serta mengisi pulsa. Dengan begitu, bagi mereka bertransaksi menggunakan ponsel bukan hal yang terlalu rumit.

“Dengan dukungan semua pihak, kami berharap Laku Pandai dan BTPN Wow! dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat, sekaligus mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” ujar Reza.

Dengan inisiatif tersebut, BTPN melalui BTPN Wow! masuk ke dalam daftar “Fortune Change the World” yang merupakan daftar 50 perusahaan di seluruh dunia yang dinilai telah melakukan kinerja baik dalam menyelesaikan masalah sosial sekaligus dapat memperoleh keuntungan. Dalam daftar yang dirilis Majalah Fortune edisi September 2016, BTPN melalui BTPN Wow! dianggap berhasil membantu masyarakat yang belum terjangkau layanan perbankan di Indonesia dan memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan di Indonesia. BTPN merupakan satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Untuk memperluas jangkauan ke masyarakat, BTPN Wow! terus melakukan ekspansi. Di antaranya melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya bekerjasama dengan Telkomsel mengembangkan layanan  keuangan terhubung antara TCASH dan BTPN Wow! yang dipasarkan secara bersama. Interkonektivitas kedua produk menjadikan layanan  TCASH – BTPN Wow! lebih lengkap.

BTPN Wow! juga menjadi sponsor Torabika Soccer Championship 2016. Semangat dan kerja keras yang dikenal dalam dunia olahraga, khususnya sepak bola, sejalan dengan nilai-nilai BTPN Wow!

“Di BTPN Wow! nasabah dapat menabung setiap keping rupiah, karena kami percaya di balik setiap keping itu terdapat beragam cerita dan perjuangan. Perjuangan yang didasari kerja keras. Kerja keras yang didorong semangat. Semangat yang muncul dari keinginan memberikan yang terbaik bagi orang-orang terkasih,” ujar Reza. (infojambi.com/I)

Laporan : Lery RD

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.