Minggu, 18 November 2018 | 08:56

Budaya Jambi Semarakkan Festival Sriwijaya Asian Games 2018

ADVERTORIAL


Salah satu jenis tarian Jambi disajikan dalam Festival Sriwijaya memeriahkan Asian Games 2018 (foto Humas)

INFOJAMBI.COM – Untuk memeriahkan Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan Festival Sriwijaya, bertempat di Benteng Kuto Besak (BKB), Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (25/8/2018) malam. Berbagai persembahan seni budaya ditampilkan dalam festival tersebut, baik dari kabupaten/kota se Provinsi Sumatera Selatan maupun dari provinsi-provinsi lainnya, diantaranya dari Provinsi Jambi, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Tim Kesenian Gubernuran Jambi dibawah binaan Hj.Rahima Fachrori Umar tampil dalam Festival Sriwijaya tersebut dengan menyajikan Tari Lenggang Sri Tanjung, Tari Candi Canda Kedidi, dan tari andalannya Zara Zapin. Bujang Gadis Jambi ikut serta dengan mengenakan pakaian budaya Jambi serta Batik Jambi. Sajian Tari Lenggang Sri Tanjung, selain untuk mempromosikan tari Jambi juga untuk mempromosikan Batik Jambi.

Masyarakat Sumsel yang memadati Benteng Kuto Besak pada malam minggu tersebut cukup terhibur dengan penampilan Tarian Jambi yang disandingkan dengan lagu-lagu Jambi, terutama dengan penampilan Tari Zara Zapin.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengapresiasi keikutsertaan Tim Kesenian Gubernuran Jambi dalam Festival Sriwijaya. Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan cindera mata kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.

Fachrori mengemukakan bahwa upaya pelestarian budaya harus terus ditingkatkan. “Alhamdulillah, dengan tarian-tarian yang ditampilkan tadi cukup menggembirakan dan mudah-mudahan akan terus kita tingkatkan, dengan tetap menonjolkan budaya Jambi. Kita diundang di sini dalam Festival Sriwijaya dalam rangka Asian Games. Kita harus terus berusaha melestarikan budaya, tetap berjuang untuk kebaikan bersama, itulah yang kita buat, kita perhatikan dan pikirkan bersama, terutama bagi para pemuda pemudi harapan bangsa, supaya peduli dengan pelestarian budaya,” ujar Fachrori.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Irene Sinaga mengapresiasi penampilan Jambi dalam Festival Sriwijaya ke-28. “Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan apresiasi rasa bangga yang setinggi-tingginya buat Pemerintah Provinsi Jambi, sudah bukan hanya turut menyukseskan Asian Games tetapi juga pelestarian seni dan budaya yang luar biasa. Kami masyarakat Sumatera Selatan yang juga merasa bagian dari Jambi bersyukur karena bisa mengenal budaya dan seni Jambi pada hari ini di festival yang tidak biasa, tetapi Festival Sriwijaya ke-28 di Pelembang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Irene Sinaga menyerahkan penghargaan kepada Provinsi Jambi, diterima Plt Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum. 

Mudah-mudahan silaturahmi ini akan tetap terjaga. Kami juga akan berkunjung ke Jambi, dan ini dalam rangka mengenal kekayaan budaya kita. (Mustar/Novriansah).

Editor Wahyu Nugroho


Kategori Provinsi,Wisata - Seni - Budaya

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.