Budi Setiawan Merangkak dari Bawah Namun Tetap Low Profile

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

Budi Setiawan

BUDI Setiawan SP MM, pria kelahiran Palembang, 11 Maret 1980, namanya kini kerap muncul di media massa, baik media elektronik, cetak, maupun online.

Kemunculannya di tengah hiruk pikuk Kota Jambi kian eksis, saat dirinya terpilih menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jambi periode 2018 – 2022.

Ayah dua anak ini juga dikenal sosok pengusaha sukses yang berbisnis di bidang importir alat kesehatan dan kedokteran (farmasi).

Melihat kehidupannya saat ini, tak banyak yang tahu bahwa ia dilahirkan dari keluarga sederhana dan sempat bekerja sebagai karyawan swasta.

Budi merupakan anak kelima dari enam bersaudara.

Ayahnya, Nangcik Idrus almarhum, seorang purnawirawan TNI bagian kesehatan, tepatnya Mantri Kesehatan di Rumah Sakit AK Gani, Kota Palembang, tahun 1953 – 1981.

Ibunya, Maryani, juga almarhumah, hanya seorang ibu rumah tangga (IRT).

Setelah pensiun, ayahnya membuka usaha meubel di Kota Palembang pada tahun 1982 – 2000.

Budi Setiawan, saat masih kecil, sepulang sekolah sering membantu ayahnya. Di sanalah dia mendapat pengalaman di bidang wirausaha.

Sudah Mengikuti Pendidikan Lemhannas

Berawal dari jenjang pendidikan SD Negeri 62 Kota palembang 1987-1992, kemudian melanjutkan ke SMP Gajah Mada Kota Palembang tahun 1993 – 1996, SPP Negeri Sembawa Palembang 1993- 1999, pendidikan Strata satu tahun 2000 – 2004 Universitas IBA Kota Palembang, kemudian melanjutkan pendidikan Strata Dua (S2) Magister Manajemen Bisnis di Pasca Sarjana Universitas Negeri Jambi tahun 2012.

Selain itu Budi juga sempat mengikuti pendidikan non formal Lemhannas RI (Lembaga Pertahanan Nasional pada tahun 2014.

Menemukan Pasangan Hidup

Pada tahun 2006, Budi Setiawan menikah dengan seorang pujaan hatinya, Suryati, kelahiran Palembang 22 Mei 1981.

Keduanya dianugerahi dua anak laki-laki dan perempuan. Anak pertama, M Raffi Berlian Setiawan, dan kedua, Ratu Ayu Kansa Atiqah Setiawan.

Meniti Karir Merangkak dari Bawah

Sebelum memulai usahanya sendiri, pada tahun 2002, Budi meniti karir dengan mulai bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang marketing pemasaran dan penjualan, di salah satu perusahaan distributor besar di Indonesia. Kemudian dia pindah ke perusahaan alat kesehatan dan kedokteran.

Berbekal pengalaman tersebut, Budi mempunyai tekad dan niat dengan modal keberanian mendirikan sebuah perusahaan alat-alat kesehatan dan kedokteran, PT. Berlian Surya Indo, pada tahun 2006.

Dimulai dari Kota Jambi perusahaannya berkembang di 15 provinsi di Indonesia sampai saat ini. Budi juga mempunyai produk alat kesehatan dan kedokteran merek sendiri di Indonesia.

Budi Setiawan mempunyai perusahaan di bawah naungan Berlian Group, diantaranya, Direktur PT. Berlian Surya Indo (importir alat kesehatan dan kedokteran/farmasi).

Dia juga owner PT Berlian Tirta Nusantata, PT Raffindo Berlian Nusantara, Graha Berlian Galery Kaligrafi, dan owner PT Media Berlian Indo (Media Online Jambiline.com).

Diantara kesibukannya membangun usaha, Ketua Dewan Penasehat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Jambi ini juga dosen di salah satu perguruan tinggi di Kota Jambi.

Pimpin Sejumlah Organisasi

Pada tahun 2012, Budi Setiawan mulai berkecimpung di organisasi. Berawal ikut menjadi pengurus di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jambi pada tahun 2013 hingga menjadi Ketua Umum HIPMI Kota Jambi.

Dia juga menjabat Ketua Umum DPP Gapkaindo (Gabungan Perusahaan Konstruksi Air Indonesia) Provinsi Jambi 2017-2022, Ketua Umum DPP Atkindo (Asosiasi Tenaga Terampil dan Tenaga Ahli Kontruksi Indonesia) Provinsi Jambi 2017-2022, Wakil Ketua Kadin Provinsi Jambi 2015 – 2020, 2023, Ketua Umum Masika ICMI Provinsi Jambi 2016-2020, dan Bendahara Umum Asdamkindo 2014-2016.

Selain itu Budi juga masih aktif menjadi pengurus organisasi olahraga, diantaranya Wakil Sekretaris PSSI Provinsi Jambi, Ketua Bidang Humas Tarung Derajat Kodrat Provinsi Jambi, Ketua Bidang Pendanaan Forki Provinsi Jambi, Pengurus Koni Provinsi Jambi 2016-2018, dan Ketua KONI Kota Jambi 2018 -2022.

Low Profile dan Mengagumkan

Bang Budi, begitu sapaan akrabnya, meski sibuk dengan sejumlah agenda organisasi dan bisnisnya, namun tetap selalu dekat dan akrab kepada siapapun.

“Beliau orang sibuk dengan segudang pekerjaan, tapi beliau selalu low profile kepada siapapun, ramah dalam bersosial. Sangat disiplin dalam bekerja, mempunyai manajemen waktu luar biasa, bertanggung jawab, pemimpin yang arif dan bijaksana,” ujar dosen tetap Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Jambi, Wella Sandria, Sabtu (18/7/2020).

Sebagai sahabat dekatnya, Wella mengagumi cara bersosialisasi Budi Setiawan yang tidak memandang kasta seseorang.

“Kagum Bang Budi selalu komunikatif dan koorporatif dengan semua kalangan masyarakat. Tidak pandang bulu. Sikap pemimpin sejati dan dihormati semua orang,” imbuhnya,

Sementara itu, Hendri Hutabarat, selaku pengurus Koni Kota Jambi menilai, Budi Setiawan merupakan sosok pemimpin yang energik, selalu berpikir positif, dan lebih mengutamakan kepentingan orang banyak.

“Energik, empati, selalu berbuat baik dan perhatian, memberikan dorongan kepada siapapun untuk mencapai keberhasilan dan mau bertukar pikiran,” ungkap Hendri.

“Selain itu dia terbuka, jeli, otentik, memperhatikan kepentingan untuk orang banyak, bila sesuatu yg ingin dicapai, mau berjuang untuk mendapatkannya,” tutur pria yang akrab disapa Bang Boy ini.

“Beliau orang yang visioner, menyukai tantangan, peduli teman, dan mau berbagi ilmu,” ujar ketua HIPMI Kota Jambi, M Kadafi. ***

Kategori Profil

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.