Buka Sunatan Massal Baznas dan BKMT Kota Jambi, Fasha Bersyukur Kesadaran Sosial Jajarannya Sangat Tinggi

INFOJAMBI.COM — Sebaik-baik manusia adalah yang banyak memberikan manfaat bagi lingkungannya. Ungkapan itu setidaknya menggambarkan sosok Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME dalam berbagai kegiatan sosial yang diinisiasinya.

Seperti tampak dalam suatu kesempatan saat Wali Kota Syarif Fasha memberikan dukungan kepada Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah (Baznas) Kota Jambi dan ibu-ibu Badan Kontak Majelis Taklim Kota Jambi yang menyelenggarakan Bhakti Sosial Khitanan Masal yang berlangsung di RSUD H. Abdul Manap, Rabu (20/12).

Baksos yang digelar di Rumah Sakit Umum Daerah milik Pemerintah Kota Jambi itu diikuti sebanyak 112 anak yang berasal dari 11 Kecamatan dalam Kota Jambi.

Kehadiran Wali Kota Syarif Fasha dalam acara tersebut tampak disambut hangat oleh para orangtua yang sedang menunggu anaknya dalam khitanan masal tersebut. Wali Kota Syarif Fasha juga tampak larut dalam suka cita saat menyapa dan memberikan batuan dan perlengkapan kepada anak pasca khitanan itu.

Suasana pun menjadi semakin meriah dengan tawa dan canda anak-anak saat Wali Kota Fasha membuat kuis dadakan dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Sontak anak-anak peserta khitan itu pun girang dan antusias menjawab berbagai pertanyaan dengan imbalan hadiah spontan dari sang Wali Kota Bangkit tersebut.


Saat memberikan sambutan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan apresiasinya kepada Baznas dan BKMT Kota Jambi serta RSUD H. Abdul Manap yang memberikan fasilitasi hingga terlaksananya kegiatan sunatan masal tersebut.

Fasha menjelaskan, kegiatan tersebut setiap tahun dilaksanakan oleh jajaran dilingkup Pemerintah Kota Jambi, tidak hanya Baznas tetapi juga dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta juga beberapa OPD lain dilingkup Pemerintah Kota Jambi.

“Alhamdulillah, baksos seperti ini rutin kita laksanakan di Kota Jambi. Saya sangat bersyukur, kesadaran sosial jajaran Pemerintah Kota Jambi sangat tinggi, terlebih lagi juga adanya dukungan dari ibu-ibu BKMT dan warga Kota Jambi. Semua turut memberikan andil terlaksananya kegiatan ini, hingga kita semua dapat berperan membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu dalam bentuk kegiatan khitanan masal ini,” ujarnya.

Fasha menambahkan, khitanan masal gratis tersebut dibiayai oleh Baznas dari dana zakat, infaq dan sedekah ASN Pemerintah Kota Jambi serta masyarakat yang menyalurkan zakatnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari tugas sosial Baznas. Sumber dananya yang dikelola oleh baznas yang berasal dari zakat, infaq, dan sedekah. Dana tersebut kembali disalurkan Baznas untuk kepentingan ummat dan syiar,” tambahnya.

Fasha juga mengingatkan jajarannya, khususnya Puskesmas-puskesmas yang berada didekat rumah tinggal anak peserta khitan, agar memberikan prioritas pelayanan kepada anak-anak terebut jika memerlukan konsultasi atau perawatan pasca sunatan massal tersebut.

Sebelumnya ditempat yang sama, Ketua Baznas Kota Jambi H. Syamsir Naim, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, BKMT Kota Jambi serta RSUD H. Abdul Manap yang turut memberikan dukungan dalam kegiatan khitanan masal tersebut.

Syamsir Naim menambahkan, bahwa kegiatan itu juga merupakan salah satu kegiatan sosial yang dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat khususnya kepada warga kurang mampu. Ia juga menjelaskan manfaat khitanan masal tersebut baik dari sisi agama maupun medis.

“Khitanan masal ini, diutamakan kepada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu. Khitanan ini dari segi agama adalah wajib dan juga dari segi medis memiliki banyak manfaat diantaranya menjaga kebersihan jasmani dan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit,” terang Syamsir.

Ia juga berharap kedepan dapat menggelar kegiatan yang sama dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

“InsyaAllah kami berencana akan menggelar kegiatan sunatan masal ini dengan jumlah yang lebih banyak lagi, paling tidak dua kali lipat dari jumlah ini,” harapnya.

Turut hadir dalam acara itu, Direktur RSUD H. Abdul Manap dr. Rudi Pardede, Camat Alam Barajo Amran, Lurah Mayang Ikhsan, ketua tim dokter sunatan dr. Emildan Pasai serta jajaran RSUD H. Abdul Manap dan Dinas Kesehatan Kota Jambi. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.