Bupati Adirozal Ajak Wanita Ikut Membangun Kerinci

PENULIS : RHOMI EFENDI
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Pemkab Kerinci Memperingati Hari Kartini ke-140 di aula Kantor Bupati Kerinci, Senin (29/4/2019).

Bupati Kerinci, Adirozal, menyampaikan walaupun pembangunan di Kabupaten Kerinci saat ini sudah berjalan dengan baik, namun itu semua tidak terlepas dari peranan wanita.

Namun terkait dengan stunting, Bupati dua periode ini menyebutkan, peran wanita dalam mengatasi Stunting, tidak hanya pasca lahir, namun sejak kehamilan sudah mulai dilakukan pencegahan, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Stunting tidak hanya setelah lahir, namun dalam masa hamil harus diberi gizi yang cukup,” katanya.

Ke depan dirinya berharap kegiatan peringatan Kartini, tidak hanya sebatas perlombaan yang lazim, diantaranya lomba memasang sanggul dan sebagainya.

“Coba cari kreasi dan emansipasi wanita, atau kecerdasan wanita, untuk diperlombakan pada peringatan tahun depan,” katanya.

Lanjut dia, selain pentingnya peranan wanita dalam peningkatan pembangunan yang berkeadilan di Kerinci, peranan ibu-ibu dalam pendidikan anak-anaknya.

“Ketika ibu-ibu tidak mengasuh anaknya, HP, Internet dan TV yang akan mengasuh anak kita, sehingga anak kita rentan dengan kenakalan remaja dan Narkoba. Hal ini tidak hanya untuk kaum ibu-ibu, namun juga tugas seorang bapak, disamping menafkahi keluarga dengan rezeki yang halal dan benar,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Kerinci, Hj.Nailil Husna Adirozal, dalam sambutannya, mengungkapkan peringatan yang dilaksanakan merupakan refleksi dalam pemberdayaan perempuan.

Dia menyebutkan, perempuan adalah pendidik pertama dalam keluarga dan wanita adalah pensupport bagi suami, bukan pesaing bagi laki-laki, katanya. Hj. Nailil, mengungkapkan Kerinci disebut sebagai daerah Stunting. Meskipun demikian, dirinya mengungkapkan mungkin genetiknya, namun masyarakat Kerinci memiliki IQ yang tinggi.

“Tapi ngak apa-apa, ini motivasi bagi kita, terutama kaum ibu-ibu dalam peningkatan gizi anak dan keluarga,” sebutnya.

Dia juga mengungkapkan, pentingnya peranan ibu, terutama segi makanan yang bergizi untuk kebutuhan anak dan keluarga. Disebut sebagai daerah stanting, sebut dia, merupakan kritikan pedas dan tajam. Apakah kita mau disebut daerah Stunting, tanya Hj.Nailil, kembali.

“Penyebab Stunting adalah kekurangan Gizi. Makanya, peran ibu-ibu, melalui pola makan, dan pendidikan agama bagi anak adalah hal yang utama,” tegasnya.

Dia berharap dengan peringatan hari kartini ini, diharapkan Gizi keluarga, khususnya anak-anak di Kerinci bisa lebih meningkat.

Kegiatan peringatan hari kartini ke 140 tingkat kabupaten Kerinci, dihadiri wakil bupati H. Ami Taher, sekda Gazdinul Gazam dan OPD beserta ibu, serta ibu-ibu TP-PKK kabupaten dan kecamatan, serta kaum wanita yang berperan dalam peningkatan pembangunan di Kerinci. ***

Kategori Kerinci

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.