Bupati AL Haris Resmikan PLTS Desa Ganduk

PLTS di Dusun Ganduk Desa Kapuk Kecamatan Tabir Ulu ll Foto: Teguh

BANGKO – Pemakaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), di Dusun Ganduk Desa Kapuk Kecamatan Tabir Ulu, Jumat (10/2), direskiman Bupati Merangin, H Al Haris.

Keberadaan PLTS berkekuatan 20 KWP/Jam itu, didirikan sebagai solusi untuk desa yang tidak memiliki sungai, untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

“PLTS ini, merupakan bantuan dari Kementerian ESDM. Sebenarnya ada empat PLTS yang kita minta, tapi baru dikabulkan satu unit ini, untuk warga Dusun Ganduk.“ ujar Bupati Al Haris.

PLTS Dusun Ganduk ini kata Al Haris, mampu menerangi 100 rumah warga. Sedangkan di Dusun Ganduk, hanya ada 67 rumah warga, masih tersisa untuk jatah 33 rumah lagi.

Dihari yang sama Bupati Al Haris, juga meninjau pelaksanaan pembangunan gedung Puskesmas dua lantai di sebelah kantor Kecamatan Tabir, dalam waktu dekat menurutnya Puskesmas tersebut segera dioperasikan.

“Nanti ada pelayanan Unit Gawat Darurat  (UGN) 24 jam, di Puskesmas rawat inap ini. Sehingga warga Tabir yang membutuhkan pelayanan kesehatan, tidak harus jauh-jauh ke RS di Bangko,” tegas Bupati.

Setelah semua sarana dan prasarana Puskesmas Tabir itu dilengkapi, tentunya, kata Al Haris, akan semakin mudah bagi Puskesmas tersebut menuju akreditasi. Karena itu, dia minta, agar Kadis Kesehatan untuk melengkapi tenaga medisnya. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.