Bupati Bayuwangi Pelaksana Ketum Apkasi Hingga Kongres 2020

PENULIS : TEGUH
EDITOR: M ASRORI S

Bupati Merangin, H Al Haris (kiri) Foto/Teguh

INFOJAMBI.COM – Mundurnya H Mardadu Hamaming, Bupati Tanah Bumbu dari jabatannya sebagai Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), dibahas lewat rapat Dewan Pengurus Apkasi, Rabu (3/7/2019).

Dalam rapat di Hall B Jakarta Convention Center, dipimpin Sekjen Apkasi Bupati Lombok Utara, Najmul Hayat itu, enam wakil ketum termasuk Bupati Merangin H Al Haris, sepakat menunjuk Azwar Anas Bupati Bayuwangi, jadi ketum sementara.

“Jabatan sementara Ketum Apkasi ini, diserahkan tugas mulai hari ini sampai pelaksanaan kongres Apkasi 2020. Nanti ketua lama menjadi ketua Dewan Pembina Apkasi,” ujar Najmul Hayat.

H Mardadu Hamaming, mengundurkan diri sebagai Ketum Apkasi dan Bupati Tanah Bumbu, karena akan fokus mengurus usahanya. Pengunduran dirinya itu, telah disampaikannya kepada Presiden dan Menteri.

Sementara, Wakil Ketua Umum Apkasi H Al Haris, yang tampil mewakili enam wakil ketua umum Apkasi lainnya mengatakan, Ketum sudah minta mundur dari 2018 lalu, semenjak beliau mundur dari Bupati Tanah Bumbu.

Karena rasa tanggungjawabnya dan rasa memiliki Apkasi lanjut H Al Haris, maka pada 2019 ini H Mardadu Hamaming baru melayangkan surat pengunduran dirinya pada momen yang pas di hari pembukaan Apkasi Otonomi Expo 2019.

“Kita masih butuh beliau, makanya kita angkat sebagai ketua Dewan Pembina Apkasi. Beliau telah banyak berkontribusi untuk Apkasi. Sekarang kita ambil langkah, meminta Bupati Banyuwangi sebagai penggantinya,” terang H Al Haris.

Tugas ketum yang ditunjuk jelas H Al Haris, melanjutkan roda kepemimpinan dan menyiapkan Munas Apkasi 2020. Seluruh anggota Apkasi menyatakan setuju, Bupati Banyuwangi sebagai ketua umum sementara Apkasi.

Azwar Anas dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketum Apkasi sebelumnya, yang telah memberikan kemajuan kepada Apkasi.

“Terima kasih juga kepada seluruh anggota dan para wakil ketua yang telah memberikan suport dan amanah kepada saya,” ujarnya.

Bupati Banyuwangi itu, mengaku masih membutuhkan arahan dan masukan dari Ketum Apkasi yang lama.

“Tugas saya kedepan menetapkan rapat kerja nasional dan menyiapkan Munas Apkasi 2020,” terang Azwar Anas.***

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.