Bupati dan Wabup Tanjab Timur Hadiri Serah Terima Bantuan Program TJS SKK Migas PetroChina

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Bupati Tanjung Jabung Timur, H Romi Hariyanto, Selasa (3/3/2020) menghadiri serah terima bantuan Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) SKK Migas – PetroChina International Ltd kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, di Desa Pandan Sejahtera, Kecamatan Geragai.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada PetroChina dan SKK Migas yang telah menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR).

Hari ini dilaksanakan penandatanganan tiga prasasti sebagai simbolis serah terima bantuan Program Tanggung Jawab Sosial (TJS) SKK Migas – PetroChina International Ltd Tahun Fiskal 2019 kepada Pemkab Tanjung Jabung Timur, berupa pembangunan rumah produksi kompos, rumah budidaya mangot, sekretariat kelompok karya muda, pembangunan perpustakaan desa pandan makmur dan pembangunan perpustakaan Desa Simpang Tuan.

Meskipun bantuan CSR tersebut telah disalurkan dan pada tahun 2020 akan dibangun jalan oleh PetroChina sepanjang 3 kilometer, namun Bupati menyampaikan kalau dirinya merasa belum puas.

Bupati Romi minta PetroChina agar jalan dari Kecamatan Geragai ke Kecamatan Mendahara menjadi tanggungjawab PetroChina, meskipun pengerjaannya dilaksanakan secara bertahap.

Alasan ini diutarakan karena keuangan daerah cukup terbebani dengan banyaknya ruas jalan yang harus ditangani. Sementara CSR, belakangan hanya berfokus pada urusan pemberdayaan masyarakat. Padahal, urusan pemberdayaan relatif masih bisa ditangani oleh APBD.

“Kami minta SKK migas melalaui PetroChina berkomitmen menyelesaikan pembangunan ruas jalan Mendahara – Geragai yang saat ini sebagian besar masih belum rigid beton,” harap Bupati.

Bupati minta kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur bersama PetroChina ini didasari komitmen khusus, dan ditanggapi serius. Kalau tidak dia akan mengirim surat ke Presiden RI jika diperlukan.

“Intinya kita minta MoU yang spesifik terkait pembangunan ruas jalan itu, sebagaimana kita tahu, ruas jalan itu sangat vital sebagai sarana utama sebagian besar masyarakat,” tegasnya.

Menanggapi hal ini, Dencio Renato Boele, VP Human Reseuces & Relations PetroChina Internasional Ltd mengatakan, setiap tahun dilakukan pengembangan dalam pembangunan dan akan dikerjasamakan dengan SKK Migas yang memproritaskan pengembangan. Terkait MoU khusus, PetroChina akan mempersiapkannya.

”Kami bersedia membuatkan itu dan disiapkan dengan SKK Migas untuk pengembangan pembangunan jalan kedepan,” katanya.

Sedangkan untuk pembangunan jalan di Kecamatan Geragai sepanjang kurang lebih 3 kilometer, ia menyebutkan akan dilaksanakan tahun 2020 dan saat ini masih dalam proses.

Sementara itu, Adiyanto A.Handoyo, selaku Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel juga menanggapi. Dia memaparkan, program yang digulirkan hari ini merupakan tanggungjawab bersama.

“Kami bersama dunia usaha ikut mendukung program yang dijalankan pemerintah kabupaten. Saya rasa tugasnya Pak Bupati membangun ini berat sekali kalau hanya menggunakan APBD semata. Itulah dunia usaha hadir. Beroperasi melalui program-program yang dicanangkan dengan Bappeda yang disinkronkan dengan program dari kementerian maupun SKK Migas,” pungkasnya. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.