Bupati dan Warga Rayakan HUT Trans SPE

Suapan nasi tumpeng untuk warga eks transmigrasi SPE ll Foto: Teguh

BANGKO – Bupati Merangin, H Al Haris, bersama ratusan warga Sabtu malam (25/2), merayakan HUT ke-34 eks transmigrasi SPE Desa Tanah Abang, dihalaman kantor Desa Tanah Abang, Kecamatan Pamenang.

Bupati dan khususnya Pemkab Merangin, sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini.

“Malam ini saya sangat bahagia, saya dan warga eks trans SPE,” ujar Bupati.

Sebab, 34 tahun lalu Pemerintah membuka lahan ini untuk transmigrasi.  Tentu banyak kenangan dan suka duka yang dialami warga dalam perjalanan  hidup transmigrsi ini.

“Banyak warga kita dari Jawa yang sudah sampai ke lokasi ini, balik lagi ke Jawa. Mereka merasa tidak yakin daerah ini bisa menjanjikan untuk masa depan keluarganya,” terang Bupati

Tapi nyatanya, hari ini mereka yang tetap bertahan, tekun bertani menjadi keluarga sejahtera. Bahkan, kawasan ini setelah 34 tahun, jauh berkembang menjadi sebuah desa maju, ujar Al Haris.

“Saya melihat warga trans yang hidup disini, masih tinggi rasa kekeluargaan dan kegotongroyongannya,’’ ucap Bupati.

Majunya eks transmigrasi SPE Desa Tanah Abang itu, tentunya menjadi catatan tersendiri bagi Bupati. Untuk itu Bupati telah mengusulkan tiga desa di Kecamatan Lembah Masurai, untuk dijadikan kawasan transmigrasi.

Lokasi seluas 7.500 hektar itu, telah diusulkan ke Menteri Transmigrasi dan sudah mendapat dukungan dari Menteri, lokasi itu untuk menampung warga yang tinggal di pinggiran sungai, selama ini selalu kehilangan lahan karena banjir.

“Alhamdulillah tiga kades di kawasan itu, sudah menyerahkan lahan, untuk lokasi transmigrasi. Saya bersama Pak Khafid Moein sangat berkomitmen memperbaiki infrastruktur yang menjadi targer kami,’’ tegas Bupati.

Diakui Bupati Al Haris, banyak anak-anak dari eks transmigrasi SPA Desa Tanah Abang Kecamatan Pamenang yang sukses di perantauan.

“Selamat ulang tahun Desa Tanah Abang, semoga desa ini terus maju, karena Kadesnya rajin melakukan inovasi dalam pembangunan,’’harap Bupati.

Bupati Al Haris memberikan suapan nasi tumpeng kepada, Sobirin dan Surat, warga yang pertama masuk ke kawasan Transmigrasi SPE Desa Tanah Abang Kecamatan Pamenang. (infojambi.com)

Laporan : Teguh ll Editor : M Asrori

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.