Bupati Muaro Jambi Apresiasi dan Resmikan PAUD Patra Serandi Bantuan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field

Penulis : Rilis || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Pertamina EP Asset 1 Jambi Field (PEP Jambi) menggelar peresmian bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Patra Serandi, di Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Rabu, 24 Februari 2021.

Peresmian ini berjalan sukses, dengan dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busyro, S.E., Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo, General Manager Pertamina EP Asset 1, Ani Surakhman, Field Manager PEP Jambi, Hermansyah, Manager Legal Relation Pertamina EP Asset 1, Himawan Djatmiko, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Camat Sungai Gelam, Abdul Hakim Mahdi, Tokoh Masyarakat dan Agama, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB ini, menerapkan protokol kesehatan. Tampak antusias masyarakat setempat hadir, untuk menyaksikan peresmian bangunan yang bertujuan untuk pendidikan anak-anak. Lambaian tangan sejumlah calon anak didik PAUD Patra Serandi pun hadir menyambut para undangan. Diawali safety briefing, lantunan dan tepukan Hadrah Assila yang merupakaan mitra binaan PEP Jambi turut melengkapi kekhidmatan acara ini.

Pada sambutannya, Camat Sungai Gelam, Abdul Hakim Mahdi menuturkan, dengan adanya PAUD Patra Serandi, diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan yang secara teori adalah pendidikan awal formal untuk anak-anak setempat. Dituturkannya, kepedulian PEP Jambi, yang salah satunya dijalankan melalui program CSR di bidang pendidikan, tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan akan dimasukkan dalam aset Pemerintah Desa.

“Ini bukti bahwa PEP Jambi peduli dengan lingkungan di sekitar operasionalnya. Yang diberikan kali ini tentu akan menjadi sedekah jariyah,” lanjutnya.

Pada kesempatan ini, General Manager Pertamina EP Asset 1, Ani Surakhman menyatakan, upaya pemenuhan energi merupakan tugas berat, yang membutuhkan dukungan para pemangku kepentingan, khususnya masyarakat dan Pemerintah Daerah. Dipaparkan, krisis ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang melemahkan nilai tukar rupiah hingga merosotnya harga minyak dunia pada tahun 2020, menjadi tantangan yang besar bagi Pertamina EP, untuk menjalankan operasi yang efisien demi memastikan terpenuhinya target-target produksi migas nasional.

“Segala keterbatasan baik pada aspek nasional maupun finansial, semakin menekankan arti pentingnya kolaborasi dan kerja sama pada kegiatan operasi yang kami jalankan. Melalui implementasi program-program CSR, kami berupaya untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat sebagai wujud komitmen untuk menjawab keseimbangan antara aspek operasi dan keberlanjutan lingkungan masyarakat. Sekali lagi, keberadaan Pertamina EP kami harapkan dapat terus memberikan nilai tambah bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Muaro jambi.” ungkapnya.

Sementara, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo mengutarakan apresiasinya kepada warga Dusun Serandi, yang telah menghibahkan tanahnya secara sukarela untuk dibangun menjadi PAUD. Artinya, keinginan dan kerinduan masyarakat terkait pendidikan sangat besar. Dalam kesempatan ini, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel turut mendonasikan buku bacaan dan mainan edukasi untuk PAUD Patra Serandi.

“Berdasarkan lagu Indonesia Raya, pemimpin negara kita menginginkan adanya pembangunan jiwa. Saya nilai pembangunan kali ini (red: PAUD Patra Serandi) sebagai sarana untuk pendidikan, bertujuan untuk membangun jiwa. Semoga dengan kehadiran PAUD ini, bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran. Mari kita rawat PAUD ini sebagai milik bersama, agar dapat dimanfaaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Pada moment peresmian bangunan PAUD Patra Serandi, turut dirangkai dengan Syukuran Tajak Pemboran Sumur Migas Lokasi SGC INJ-03 di Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Pemboran sumur ini upaya pencarian sumber minyak dan gas bumi berdasarkan Rencana Kerja tahun 2021/RK 2021 PEP Jambi. Dimana turut diserahkan santunan yatim dan bantuan berbagai fasilitas umum desa dari PEP Jambi.

Secara simbolis, lima orang anak yatim piatu diberikan santunan, lima orang kaum dhuafa diberikan santunan berupa paket sembako. Secara langsung, Bupati Muaro Jambi, Masnah Busyro menyerahkan bantuan program CSR untuk RT. 15, RT. 16, dan RT. 18 Desa Talang Belido, yang secara simbolis diterima oleh lima orang perwakilan.

Pada sambutannya yang sekaligus peresmian PAUD Patra Serandi, Bupati Muaro Jambi menyampaikan bahwa masyarakat diharapkan mendukung kegiatan operasi PEP Jambi, yang selama ini telah memberikan berbagai kontribusinya. Bupati Masnah berharap, PAUD Patra Serandi yang telah diresmikan mendapatkan berkah dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengucapkan terima kasih, atas partisipasi dan bantuan yang diberikan Pertamina EP, karena telah membangun PAUD Patra Serandi. Pemerintah akan mendukung kegiatan PEP Jambi,” ungkapnya.

Di akhir acara, Bupati Masnah Busyro didampingi oleh Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, serta General Manager Pertamina EP Asset 1 beserta jajaran, meresmikan bangunan PAUD Patra Serandi, mulai dari penandatanganan prasasati, pembukaan tirai plang nama, pemotongan pita di pintu masuk kelas, hingga menyaksikan bersama tayangan teaser pembangunan PAUD Patra Serandi.

Diketahui, pembangunan PAUD Patra Serandi, di Desa Talang Belido, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PEP Jambi.

Peletakkan batu pertama berlangsung pada 18 September 2020, diatas lahan hibah warga setempat. Dengan mempekerjakan tenaga lokal, pembangunan PAUD Patra Serandi berukuran 8 x 6 meter, memiliki kapasitas tampung 15 orang anak didik.

PAUD Patra Serandi dibangun, karena tidak adanya PAUD di Dusun Serandi, sementara pendidikan sangat dibutuhkan, agar anak-anak Dusun Serandi mendapat tempat pembelajaran yang layak dan memadai. Dimana di saat bersamaan yakni tahun 2020 lalu, PEP Jambi tengah melakukan pemboran sumur migas di Desa Talang Belido.

Tidak hanya membangun satu unit gedung PAUD, PEP Jambi juga melengkapi berbagai fasilitas pendukung mulai dari meja, papan tulis, buku, mainan dan poster edukasi, kipas angin, tikar, pemasangan instalasi listrik serta pembuatan sumur air.

Program CSS ini akan terintegrasi dengan soft skill melalui pelatihan bagi guru yang akan mengelola PAUD Patra Serandi. Dengan tekad membangun pendidikan anak negeri, sebanyak empat orang tenaga pengajar sukarela yang merupakan warga Dusun Serandi, berkomitmen untuk mengajar di PAUD Patra Serandi. (Tim)

Kategori Pendidikan

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.