Bupati Muaro Jambi Apresiasi Semangat Petani

INFOJAMBI.COM — Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busyroh, berkomitmen mendukung upaya peningkatan sektor pertanian di Kecamatan Jambi Luar Kota, Muaro Jambi. Seiring dengan itu, tingginya semangat para petani lokal terus berbenah diri memahami ilmu bercocok tanam yang baik.

Hal itu diungkapkan Masnah, pada acara penutupan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) yang digelar oleh BMKG dan Kementerian Pertanian, dihadiri Gubernur Jambi, H Zumi Zola, dan Deputi Klimatologi BMKQ, Mulyono Rahadi Prabowo.

Acara ini diadakan di Kecamatan Sekernan, Senin (11/9). Bersamaan dengan itu, dilakukan penen raya yang digelar masyarakat petani Sekernan, terbagi tiga desa, yakni Pematang Pulai, Kayu Aro dan Berembang.

Masnah mengungkapkan, SLI di areal lahan percontohan sawah pertanian Desa Pematang Pulai menunjukkan semangat para petani lokal. Mereka memiliki keinginan untuk terus belajar cara bercocok tanam yang baik, ditandai dengan hasil produksi yang meningkat/


Bupati wanita pertama di Provinsi Jambi ini mengaku, kedepan pemerintah daerah berkomitmen mendukung berbagai kebutuhan petani, guna mendongkrak hasil panen yang melimpah.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Zumi Zola, mengatakan, untuk membuat para petani lebih maju dan semangat, Pemprov Jambi berupaya membantu di bidang pertanian, berupa pemberian benih, alat pertanian dan obat-obatan hama.

Gubernur menghimbau petani di setiap kabupaten, agar menjaga pertanian, khusnya tanaman pangan padi, karena pertanian ini memicu ekonomi masyarakat di Provinsi Jambi.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG Pusat, Mulyono Rahadi Prabowo, menambakan, pihaknya berupaya membantu petani menentukan masa tanam. Saat ini iklim sudah sulit diprediksi. Pada musim kemarau maupun musim hujan, banjir bisa terjadi.

“BMKG berupaya memberi pemahaman pada petani,” ujar Mulyono.

Seusai acara, gubernur, bupati dan deputi menyerahkan cinderamata. Gubernur Jambi juga menyerahkan bantuan kepada Bupati Muaro Jambi, berupa alat pertanian, dilanjutkan dengan panen raya dan pemotongan tumpeng serta doa selamat atas panen raya. (Muammar Syarbani – Jambi)

 

Kategori Ekonomi dan Bisnis

Tags: ,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.