Bupati Muarojambi Buka Bursa Inovasi Desa Cluster II

PENULIS : AMAR
EDITOR : DORA

INFOJAMBI.COM – Bupati Muarojambi, Hj. Masnah Busyroh membuka Bursa Inovasi Desa Cluster II (Kecamatan Kumpeh, Kumpeh Ulu, Taman Rajo, dan Sungaigelam), di Taman dan Pendopo Dalia, Desa Kasang Kumpeh, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muarojambi, Kamis (27/6/2019).

Kegiatan ini diikuti 59 desa dari wilayah cluster II. Bupati Masnah datang bersama Asisten I Bidang Pemerintahan Najamuddin, dan para kepala OPD lingkup Pemkab Muarojambi.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Muarojambi, Raden Najmi sebagai penyelenggara bursa inovasi desa ini. Turut hadir unsur forkompinda, para camat, dan kepala desa (kades) wilayah cluster II.

Menurut Masnah, inovasi desa yang digelar tahun ini berbeda dari sebelumnya. Tahun lalu semua desa, sekali acara. Tapi tahun ini dilakukan tiga cluster.

Tiga cluster ini para camat semua kades, dan Kadis PMD bersinergi untuk mengadakan acara ini. Para pendamping desa ikut terlibat dalam bursa inovasi desa.

Masnah mengungkapkan kebanggaannya atas terlaksananya bursa inovasi desa cluater II. Ini sekalian ajang promosi setiap kecamatan.

Bursa Inovasi Desa Cluster I di eks arena MTQ Desa Jambi Kecil sangat bagus. Namun banyak masyarakat tidak tahu. Sekarang dilakukan lagi di Taman Dalia.

Tahun depan acara serupa digelar keliling dan diadakan tiap kecamatan. Diambil kecamatan yang belum sebagai tuan rumah.

Masnah minta Dinas PMD membuat acara inovasi desa kedepannya di tempat-tempat wisata.

“Sekalian ajang promosi wisata kita. Potensi wisata kita luar biasa, hanya kita saja yang tidak mengangkatnya. Apalagi kita dekat dengan bandara dan Kota Jambi. Kita gali potensi wisata kita sehingga masyarakat luas tahu wisata yang ada di Muarojambi,” ujarnya sembari menyebut Danau Tangkas dan Pemandian Muhajirin.

Dalam kesempatan ini Bupati Masnah juga memberitahukan manfaat Dana Desa. Dengan adanya Dana Desa ini 150 desa terus menggeliat pembangunannya.

“Saya harapkan kades bersinergi dengan pendamping desa, camat, kadis. Insya Allah pembangunannya lebih baik lagi dan berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Muarojambi, Raden Najemi mengatakan, kegiatan bursa inovasi desa sebagai penyempurnaan dan perbaikan dari perencanaan tingkat desa. Setelah ini dijadwalkan musyawarah desa.

“Musyawarah desa akan membicarakan kegiatan masing-masing desa untul kemajuan desa tersebut,” katanya. ***

Kategori Muaro Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.