Bupati Romi Antar Langsung Kaki Palsu dan Kursi Roda

PENULIS : WILLY
EDITOR : WAHYU NUGROHO

INFOJAMBI.COM – Usai mengendalikan tiga rapat sekaligus di kediaman dinasnya, Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto, Selasa (10/9/2019) siang, langsung menuju ke sejumlah perkampungan warganya.

Tawaran stafnya agar bantuan yang berjumlah 55 unit itu diserahkan dalam sebuah acara seremoni, ia tolak.
Ia memilih menyerahkan langsung bantuan kaki palsu, kursi roda dan tongkat penyangga berjalan.

Dikatakannya, tak pantas warga yang berjalan saja sulit, dihadirkan dalam sebuah acara. “Biar kita langsung ke rumah mereka, saya juga ingin melihat langsung kondisi kehidupan mereka,” perintahnya.

Warga pertama yang ia datangi adalah Utomo, di RT 07 RW 03 Kelurahan Rano. Utomo dibantu sebuah kursi roda. Lelaki 49 tahun ini terserang stroke sejak tiga tahun lalu. Jangankan untuk berjalan, untuk sekedar duduk saja ia harus dibantu sang istri.

Ketika ditanya upaya pengobatan, ia mengeluhkan biaya karena tidak terdaftar sebagai peserta BPJS. Malah untuk ke rumah sakit saja ia tak punya biaya transportasi.

Mendengar itu, dengan tegas Bupati Romi memerintahkan sekretaris Camat Muara Sabak Barat yang juga hadir untuk memfasilitasi dan mengurus keperluan tersebut. “Segera koordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Jika belum bisa diatasi, saya pribadi yang menanggung biayanya,” terang Bupati.

Mendengar ucapan bupati itu, tangis suami istri itu pun pecah. Mereka tak menyangka didatangi langsung bupati.
“Terima kasih Pak, terima kasih,” ucap istri Utomo.

Dari kediaman Utomo, Bupati Romi lanjut ke kediaman Rukiyah lalu ke kediaman Rasinah di Talangbakik.

Rukiyah dibantu sepasang tongkat penyangga, sedangkan Rasinah mendapatkan satu kursi Roda. Begitu pula Maddi di KM 6, ia mendapatkan sebuah kursi roda. Maddi diketahui sudah delapan tahun lumpuh. Selama ini diurus anak dan suaminya.

Saat di kediaman Rukiyah, Bupati Romi juga sempat menyampaikan keprihatinannya melihat rumah yang sudah reot.

Romi sempat menanyakan status tanah bangunan tersebut. Setelah memastikan hak milik sendiri, Romi memerintahkan Kadis Sosial dan Perlindungan Anak, Ridwan, agar memasukkan dalam program bedah rumah selanjutnya.

Baik Rukiyah, Rasinah maupun Maddi, mengaku sangat senang mendapat bantuan tersebut. “Mana bisa kami beli kursi roda, untuk makan saja susah. Alhamdulillah pak bupati mau bantu. Tak menyangka gubuk kami ini didatangi bupati,” kata Rasinah.

Total bantuan yang diserahkan berjumlah 55 unit. 47 kursi roda, tiga kaki palsu, empat tongkat dan satu penyangga kaki. Bantuan tersebut dialokasikan pada warga yang terdata berasal dari 10 kecamatan dalam kabupaten Tanjab Timur.***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.