Kamis, 19 Oktober 2017 | 10:27

Bupati Romi Apresiasi Kinerja DPRD

H. Romi Haryanto

NIPAHPANJANG – Sebagai mantan Ketua DPRD Tanjabtim tiga periode, Bupati Romi Hariyanto faham betul kerja-kerja anggota DPRD. Baginya, beban kinerja seorang anggota dewan sama beratnya dengan aparatur eksekutif.

Bedanya, kinerja eksekutif lebih pada tataran operasional, sedangkan dewan sebagaimana fungsinya lebih pada karya legislasi, penganggaran dan pengawasan.

Ketiga fungsi DPRD itu dikatakan Romi sejatinya merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan kerja-kerja eksekutif. “Jika selama ini ada yang melihat kerja eksekutif lebih nampak, saya kira itu kurang tepat,” ujar Romi.

Menurut Romi, tanpa tiga fungsi utama DPRD tadi, program kegiatan eksekutif sebetulnya tidak bernilai. Kinerja para mantan koleganya di DPRD Tanjabtim itu dinilainya sejauh ini sangat baik.

Posisi Romi yang saat ini menjadi mitra kerja DPRD dirasakan cukup terbantu. Justru Romi melihat ada kemajuan signifikan terkait serapan aspirasi.

Banyak aspirasi masyarakat yang diperjuangkan para anggota DPRD terungkap saat hearing dengan eksekutif, maupun disampaikan langsung ke Romi dalam forum-forum non formal.

“Kami berterima kasih sekali atas perjuangan rekan-rekan anggota dewan. Saya tahu persis mereka getol sekali berjuang bagi dapilnya. Bukan hanya yang terserap saat reses, mereka aktif dan peka sekali pada isu-isu di masyarakat. Hanya saja saya mengingatkan, Tanjabtim bukan hanya dapil dua. Mari kita doakan mereka terpilih lagi di 2019,” ucap Ketua DPD PAN Tanjabtim itu.

Di berbagai rapat internal, Romi juga kerap mengingatkan para kepala OPD agar memperhatikan hal-hal yang menjadi penekanan DPRD, baik mengenai penganggaran, legislasi terkait peraturan daerah, maupun evaluasi yang berkaitan dengan pelaksanaan program kegiatan. (infojambi.com/d)

Laporan : Willy Bronson

 

Kategori Politik

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.