Sabtu, 21 Oktober 2017 | 17:05

Bupati Romi Janji Support Kades Kreatif

MUARASABAK– Bupati Tanjung Jabung Timur, H Romi Hariyanto menegaskan akan support penuh kepala desa yang kreatif. Bupati mengarahkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait untuk mendukung program dan kegiatan hasil kreatifitas kades tersebut.

Syaratnya, kreatifitas dimaksud harus berorientasi pada kepentingan warga desa, rasional, visi misinya jelas dan sedapat mungkin berbasis potensi desa tersebut.

Hal itu diungkapkan Bupati Romi saat memberi pengarahan kepada 73 kepala desa se-Tanjabtim, saat rakor kades, di ruang pola Kantor Bupati Tanjabtim, Kamis kemarin.

Banyak hal dapat dilakukan kepala desa untuk berkreatifitas guna peningkatan kesejahteraan warganya. Apalagi dukungan anggaran untuk kegiatan pemberdayaan telah tersedia dalam Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah.

Dicontohkannya, bagi desa yang warganya sebagian besar nelayan, bisa menggagas pemberdayaan istri-istri nelayan agar lebih produktif. Bisa melalui kerajinan penganan berbasis hasil laut atau pemanfaatan teknologi yang bisa membantu mendongkrak nilai jual hasil tangkapan nelayan itu sendiri.

“Misalnya bagaimana istri nelayan bisa memproduksi kerupuk ikan dan udang berkualitas tinggi, kades membantu pembinaannya, sekaligus membantu menerobos pasar bersama disperindag atau jaringan kades di luar daerah. Saya kira itu bisa dilakukan. Saya akan bantu maksimal,” janji Romi.

Bagi desa yang potensinya pertanian atau perkebunan, Romi berharap kadesnya bisa berupaya maksimal untuk mendukung aktifitas pertanian dan perkebunan warganya dengan upaya memanfaatkan lahan tidur yang ada.

Tanah Kas Desa juga harus dimanfaatkan maksimal agar pengangguran di desa makin kecil sekaligus memperluas areal produksi pertanian atau perkebunan yang ada.

“Intinya harus berusaha keras untuk mengurangi pengangguran yang dengan sendirinya produktivitas masyarakat meningkat yang akhirnya akan diiringi dengan peningkatan kesejahteraan bersama,” tukasnya.

Namun yang terpenting adalah memastikan bahwa segala upaya yang ditempuh kades tersebut didukung pula oleh warganya.”Tanpa dukungan warga berat untuk menjalankan program apapun. Makanya seorang kades harus piawai membangun komunikasi yang baik,” tandas Romi. (INFOJAMBI.COM)

Laporan : Willy Bronson

 

Kategori Keluarga

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.