Bupati Tanjabbar Jadi Keynote Speaker Seminar Nasional

Penulis : Jumalis
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — Bupati Tanjung Jabung Barat, H Safrial MS mengharapkan penelitian yang dapat diaplikasikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat menjadi keynote speaker, pada Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dengan Tema Membangun Peternakan Berkelanjutan Menuju Era Industri 4.0, di Hotel BW Luxury, Jambi, Rabu (2/10/2019).

Dengan perkembangan teknologi menuju revolusi industri 4.0, Bupati Safrial berharap hasil penelitian di bidang peternakan bersifat aplikatif.

“Kita membutuhkan suatu penelitian terapan, supaya dapat membantu pertumbuhan peternakan di Jambi,” harapnya.

Sementara penelitian untuk science, menurut Safrial, sebagai bidang ilmu diharapkan menyentuh masyarakat langsung, agar dapat membantu petani peternak meningkatkan kesejahteraannya.

Safrial menegaskan, siapapun peneliti, baik dosen, mahasiswa, atau yang berprofesi sebagai peneliti supaya menerapkan penelitian terapan.

Berbagai program pengembangan ternak disampaikan dihadapan para akademisi, diantaranya sistem peternakan integrasi, hibah 1000 ekor ternak. Selain itu juga mengenai potensi daerah Kabupaten Tanjabbar untuk pengembangan ternak.

Rektor Universitas Jambi melalui Prof Dr Hj Nurhayati, Dekan Fakultas Peternakan, menyampaikan pesan agar fakultas peternakan semakin dikenal dengan mengembangkan ilmu peternakan di tengah perkembangan teknologi 4.0.

“Unja memiliki prestasi cukup besar dalam bidang akademik, salah satunya di fakultas peternakan yang mampu bersaing dan saling bekerjasama menuju lebih baik,” katanya.

Sebagai salah satu fakultas tua di Universitas Jambi yang telah berusia 56 tahun, telah memiliki peran dalam perkembangan Unja. Dia sangat mensupport kegiatan ini.

Dr Firmansyah, Ketua Panitia Seminar mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk berbagi informasi perkembangan dunia peternakan, dan bicara strategi meningkatkan kemampuan penelitian, pengabdian kepada masyarakat di bidang peternakan.

“Menciptakan inovasi memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial ekonomi dan membangun peternakan berkelanjutan dalam menghadapi revolusi industri 4.0,” harapnya.

Seminar ini dihadiri 110 pemakalah yang terdiri dari dosen, peneliti, mahasiswa S2 dan 12 perwakilan universitas di Indonesia dan diikuti 50 peserta mahasiswa.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Gubernur Jambi, Sri Anggunaini menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan seminar bergengsi ini.

“Ini bukti nyata mengimplementasikan tridarma perguruan tinggi, jajaran akademisi memberikan pengabdian pada masyarakat dan pemerintah memberi sumbangan pemikiran proses pembangunan,” katanya.

Industri penyedia daging dan unggas harus terus berinovasi untuk menghasilkan bahan pangan dalam jumlah besar dalam waktu cepat di era revolusi industri 4.0.

Safrial berterimakasih pada civitas akademika Universitas Jambi, khususnya fakultas peternakan. Sumbangan pemikiran ini berharga bagi pembangunan sektor peternakan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Kementerian Pertanian Atien Priyanti, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unja Ade Octavia, Dekan dan Ketua Lembaga di Lingkungan Universitas Jambi serta mahasiswa. ***

Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.