Bursa Inovasi Desa Jangan Hanya Sekadar Seremonial

Laporan Teguh

Bursa Inovasi Desa dibuka Bupati Merangin H Al Haris.

INFOJAMBI.COM – Bupati Merenagin, H Al Haris, menegaskan, Bursa Inovasi Desa, hendaknya jangan hanya menjadi acara seremonial saja. Apa yang ditampilkan, harus benar-benar hasil dari pembangunan desa yang berkelanjutan.

Harapan itu diungkapkan Bupati Merangin, ketika membuka Bursa Inovasi Desa di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Merangin, Selasa (16/10/2018).

“Sepuluh tahun silam, betapa sulitnya seorang Kades untuk membangun desanya. Tapi beda dengan kondisi sekarang, banyak kegiatan fisik yang dilakukan di desa-desa,” ujar Bupati.

Ini artinya lanjutnya, tujuan dan sasaran pemerintah pusat mengucurkan dana desa itu, sudah tepat. Untuk 2019 ini dana desa yang akan dikucurkan sebesar Rp 85 triliun.

“Besarnya dana yang dikucurkan itu, bukti pemerintah pusat serius dalam mempercepat pembangunan di pedesaan. Untuk pemerimaan dana desa itu, Kabupaten Merangin paling besar,” terang Bupati.

Geliat pembangunan di pedesaan kata Al Haris, terbukti dengan kantor desa yang setiap harinya buka terus dengan berbagai aktivitas dan perekonomian masyarakat yang kian membaik.

Terkait pesatnya pembangunan di desa itu, Bupati akan memberikan penghargaan khusus bagi desa yang telah membuat tahapan dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) dengan baik dan sempurna.

Semua desa diminta, membenahi manajemen desanya dengan administrasi lengkap. Semua desa harus bersaing membuat inovasi-inovasi dalam membangun desanya, pungkas Al Haris.***

Editor : M Asrori S

Kategori Merangin

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.