Minggu, 20 Januari 2019 | 18:28

Caleg PBB Tanjab Barat Lulus Tes CPNS

Penulis : Raini
Editor : M Asrori S

Kadis BKPSDM Tanjab Barat, Drs Encep Jarkasih (foto/Ist)

INFOJAMBI.COM – Salah seorang Calon Anggota Legeslatif (Caleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB), nomor urut 3 atas nama Rahmayanti S.KM, yang sudah jelas-jelas terdaftar sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, ternyata dinyatakan lulus test CPNS di Pemda Tanjab Barat.

Kadis BKPSDM Tanjab Barat, Drs Encep Jarkasih, ketika dikonfirmasi, dirinya menyatakan akan berkoordinasi dulu dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Barat. Sementara Ketua KPUD Tanjab Barat, Khairuddin, pihaknya juga mengaku akan berkoordinasi dengan pihak BKPSDM Tanjab Barat.

Setelah dilakukan Koordinasi pencocokan data antara KPUD dan BKPSDM Kabupaten Tanjab Barat, terbukti Rahmayanti S.KM, lulus tes seleksi CPNS Tahun 2018, yang diketahui setelah melalui pengumuman resmi pada link website BKPSDM Tanjab Barat.

Komisioner KPUD Tanjab Barat, Muhammad Rum SH, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BKPSDM Tanjab Barat, untuk menyandingkan data, sehingga diketahui memang ada kesamaan data antara salah satu caleg dengan data peserta yang lolos CPNS.

“Kita sudah menyandingkan data caleg yang ada di KPU dan data yang ada di BKPSDM peserta test CPNS. Memang ada kesamaan dari nama, foto, alamat, serta KTP-nya sama,” ungkap M Rum, Jum’at (11/1/2019).

Diakui dia, yang bersangkutan juga telah melayangkan surat pengunduran diri sebagai Calon Legislatif ke KPUD Tanjab Barat.

“Namun untuk tindak-lanjutnya, kita serahkan kepada BKPSDM. KPU tidak bisa mencoret nama yang bersangkutan, karena namanya sudah masuk di DCT DPRD Tanjab Barat,” sebutnya.

Meski begitu, kata M Rum, KPU hanya bisa memberi sikap dengan membuat nota dinas ke KPPS pada hari ‘H’ pemilihan.

“Nanti KPPS akan mengumumkan, bahwa yang bersangkutan sudah mengundurkan diri dari Caleg, jika masih ada yang nyoblos maka suara sah menjadi suara partai,” jelas M Rum.

Lebih lanjut, M Rum, mengatakan, informasi yang diterima KPU, yang bersangkutan juga melengkapi syarat test CPNS dengan menandatangani surat pernyataan tidak berpartai dan tidak menjadi anggota salah satu partai politik. Tapi, pada pengisian data Tes CPNS, kok tidak terpantau.

“Bisa jadi yang bersangkutan, diduga terindikasi memalsukan dokumen syarat seleksi CPNS di BKPSDM Tanjab Barat. Soalnya, pendaftaran Caleg lebih dulu keluar, baru ada pendaftaran seleksi CPNS, untuk lebih jelasnya soal itu lansung tanyakan ke BKPSDM Tanjab Barat,” pungkasnya.***


Kategori Tanjung Jabung Barat

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.