Calon ASN Diharapkan Jadi Birokrat Pelayan Publik

PENULIS : MARIA/MUSTAR
EDITOR : M ASRORI S

Asisten Sekda Bidang Umum, Sudirman.

INFOJAMBI.COM – Guna meningkatkan wawasan dan pemahaman terhadap dunia birokrasi, Pemprov) Jambi membekali 217 orang calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah menerima SK dengan pelatihan dasa (Diklatsar)..

Diklatsar ditujukan untuk meningkatkan kualitas calon ASN, dalam sistim birokrasi dan calon ASN diminta menjadi birokrat yang melayani publik.

Pelatihan Dasar 2019 itu dibuka Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum (A3), Sudirman, SH,MH, di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Kota Baru Jambi, Senin (15/4/2019).

“Kita memang memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan SDM yang berdisiplin tinggi, mampu bekerja cerdas, cepat, dan berkualitas,” ujar Sudirman.

Birokrasi memiliki tatanan aturan dan ketentuan tersendiri, memiliki mekanisme dan prosedur serta memiliki struktur hubungan antara pimpinan dan bawahan. Oleh karena itu, melalui diklat ini ASN perlu mempelajari cara kerja birokrasi, menguasai aturan dan ketentuan birokrasi, menguasai aturan dan prosedur, membangun hubungan kerja dengan pimpinan, serta perlu mengembangkan sikap dan perbuatan sebagai salah seorang birokrat. Sebagai ASN harus menjadi contoh bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Peserta Diklat ASN Peovinsi Jambi.

“Saya berharap pelatihan dasar ini dapat menjadi pemicu peningkatan dedikasi dan disiplin ASN dan penegak etika pemerintahan, sehingga tercipta pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Sudirman.

Diklat pada prinsipnya menjadi bagian penting untuk menjadikan para calon ASN, menjadi birokrat-birokrat yang unggul.

”Kita persiapkan betul, agar mereka mampu menjadi abdi-abdi negara yang baik, menjadi pengayom masyarakat. Oleh karena itu, pemahaman mereka terhadap birokrasi harus ditambah, melalui diklat selama lebih kurang dua bulan. Kita berharap agar pelayanan yang diberikan oleh mereka-mereka calon-calon pemimpin ini, bisa menjadi lebih baik kedepannya,” jelas Sudirman.

Kepala Badan Pengembangan SSDM Provinsi Jambi, H.M.Iskandar Nasution, menyampaikan, kegiatan pelatihan ini berlangsung sebanyak tiga angkatan dan akan berakhir pada 6 November 2019 mendatang. ( Humasprov )

Kategori Provinsi

Tags: ,

1 Judul Komentar

  1. Pingback: Calon ASN Diharapkan Jadi Birokrat Pelayan Publik - www.ketapang.info

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.