Sabtu, 24 Juni 2017 | 17:15

Calon Kepala Daerah dari Kalangan Artis Bertumbangan

Ahmad Dhani, Dicky Chandra, Rano Karno (kiri ke kanan)

Pemilihan kepala daerah yang berlangsung secara serentak di 101 wilayah di seluruh Indonesia pada 15 Februari 2017 berjalan lancar. Walaupun Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) masih menghitung jumlah suara real (red. real count) dan belum memutuskan secara resmi pemenang masing- masing pilkada, namun hasil hitung cepat (red. quick count) telah menunjukkan pemenangnya. Biasanya hasil quick count ini menggambarkan pemenang sebenarnya pilkada tersebut.

Yang cukup menarik dari penyelenggaraan ajang demokrasi 5 tahunan ini adalah keikutsertaan para artis Indonesia untuk menjadi kepala daerah di kabupaten, kota bahkan provinsi yang ada di Indonesia.
Tercatat ada tiga artis yang ikut serta dalam pemilihan kepala daerah tersebut. Mereka adalah Rano Karno “Si Doel” yang kembali mencalonkan diri menjadi Gubernur Banten melalui partai pengusung PDI Perjuangan,  PPP dan Partai Nasdem. Ada juga musisi kontroversi Ahmad Dhani yang mencalonkan diri menjadi wakil bupati Bekasi dengan partai pengusung Gerindra dan PKS, dan Artis sinetron serta penyanyi Dicky Chandra yang mencalonkan diri menjadi walikota Tasikmalaya. Hasil Quick count berbagai lembaga survei kemaren menunjukkan kekalahan ketiga artis ini. Petahana Gubernur Banten, “Si Doel” kalah tipis dari saingannya pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy dengan selisih suara tak sampai 1 %. Rano-Embay memperoleh suara 49,5 (%), dan Wahidin-Andika 50,6%. Hasil real count KPUD yang masih berlangsung hingga saat juga menunjukkan keunggulan tipis Wahidin-Andika. Pada halaman resmi KPUD Banten pukul 9.25 WIB (16/01/17), Rano memperoleh 49,67% dengan perolehan suara sebanyak 736.641, dan Wahidin unggul tipis di 50,33% dengan 746.389 suara.

Pemimpin Republik Cinta Manajemen, Ahmad Dhani harus puas berada di posisi kedua hasil quick count lembaga survei JSI di pilkada Bekasi 2017. Calon wakil bupati Ahmad Dhani yang mendapatkan nomor urut 2 dan berpasangan dengan calon bupati Saduddin harus rela memperoleh suara 25 % dan kalah dari petahana Neneng Hasanah Yasin dan Eka Supriatmadja yang memperoleh suara sebesar 42%. Artis Dicky Chandra yang mencalonkan diri menjadi calon walikota Tasikmalaya juga harus rela berada diposisi buncit hasil quick count pilkada kemaren. Dari 5 pasangan calon walikota Tasikmalaya, Dicky yang pernah menjadi wakil bupati Garut pada 2009 dan mengundurkan diri di tahun 2011 ini hanya memperoleh suara 23,37%, kalah banyak dari petahana Budi Budiman yang memperoleh suara 39,20%.

Yang tak kalah serunya dari pilkada 2017 ini adalah pilkada DKI Jakarta. Pasangan Agus Harimuti Yudhoyono dan Sylvia Murni kalah telak dibanding dua pasang saingannya untuk memperebutkan posisi menjadi orang nomor satu di ibukota  RI. Agus yang beristrikan artis Annisa Pohan hanya memperoleh dukungan suara sebesar 17,42% dan sudah mengumumkan kekalahannya di pilkada. Dengan hasil ini ia otomatis gagal melaju ke putaran kedua. (LRD) 

Kategori Selebriti

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.