Cara Mudah Cek Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Editor: Rahmad

Siswa belajar daring. (Ilustrasi)

INFOJAMBI.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelontorkan bantuan kuota internet gratis untuk pelajar yang cair September 2021.

Ada beberapa cara untuk mengecek kuota internet gratis itu.

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan, distribusi kuota data internet berlaku selama 30 hari, terhitung sejak diterima peserta didik dan pendidik.

Pemerintah menganggarkan Rp2,3 triliun untuk bantuan kuota data internet siswa. Kuota itu akan diberikan pada 26,8 juta penduduk, yang terdiri dari siswa, mahasiswa, guru dan dosen.

Rincian kuota pelajar dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan:

Siswa PAUD mendapat 7 gigabyte per bulan
Siswa pendidikan dasar dan menengah 10 gigabyte per bulan
Guru 12 gigabyte per bulan
Mahasiswa dan dosen 15 gigabyte per bulan

Pemerintah memberikan kuota data internet di lingkup pendidikan, yang diperuntukkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ada beberapa tahap jadwal pencairan kota belajar. Tahapannya, 11-15 September, 11-15 Oktober dan 11-15 November 2021

Sebelum mencari tahu cara cek kuota internet gratis Kemendikbud, ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Di antaranya yakni kepala satuan pendidikan harus memperbarui data penerima kuota, dan melaporkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepada Mendikbud selambat-lambatnya 31 Agustus 2021.

Berikut cara mengecek kuota gratis dari Kemendikbud untuk operator Indosat Ooredoo, XL, Tri 3, Telkomsel dan Smartfren;

Indosat Ooredoo

Siswa dapat mengecek lewat USSD *123*075#, lalu pilih “Status & Cek Kuota”. Informasi akan dikirim via SMS.

Ada pula cara lain, yakni lewat mengunduh aplikasi myIM3, dan masuk ke menu ‘data’
Xl Axiata

Untuk mengecek kuota internet gratis Kemendikbud pada provider XL, bisa lewat USSD *123*7*1#, lalu pilih ‘Cek Kuota’. Selain itu juga bisa mengecek lewat aplikasi AxisNet.
Tri/3

Sama seperti yang lain, pengecekan 3 dapat melalui USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Operator secara otomatis akan mengirim informasi data internet lewat SMS.

Selain itu ada pula lewat aplikasi Bima+, informasi kuota akan muncul di halaman utama saat membuka aplikasi.
Telkomsel

Melalui USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi sisa kuota akan muncul di tampilan layar pengguna.

Selain itu juga bisa menggunakan aplikasi myTelkomsel, dengan membuka aplikasi dan pilih menu internet. Aplikasi akan berubah tampilan dan akan menunjukkan sisa kuota Anda.
Smartfren

Melalui USSD *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS secara otomatis. Bisa juga melalui aplikasi MySmartfren dengan membuka tampilan menu ‘Paket Saya’.
Tidak bisa digunakan medsos dan game

Meskipun digunakan untuk mengakses internet, kuota yang dibagikan secara cuma-cuma itu tidak serta merta dapat digunakan untuk mengakses aplikasi media sosial atau game.

Tetapi, kuota yang dibagikan itu diperuntukkan agar memudahkan dalam mengakses platform yang menunjang PJJ, di antaranya Youtube, Google Meet dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa aplikasi yang diblokir dan tak bisa diakses menggunakan kuota internet gratis Kemendikbud:

Badoo
Bigolive
Facebook
Instagram
Periscope
Snackvideo
Tinder
Tumblr
Twitter
Vive
Vkontakte
YY

Kategori Pendidikan

Tags: ,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.