Cegah Wabah Meluas, Tim Gugus Tugas Covid-19 Matangkan Kegiatan

Penulis : Tim Liputan || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM — Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi menggelar rapat antisipasi dan evaluasi, di Posko Gugus Tugas Penanganan COVID-19, kantor BPBD Provinsi Jambi, Sabtu (28/3/2020).

Rapat menegaskan langkah menekan laju dan upaya aktif memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 agar tidak meluas.

Rapat dipimpin oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi dapat melaksanakan pematangan tugas untuk dilaksanakan bersama.

“Tertib perencanaan hingga pelaksanaan tugas,” tegas Kapolda Jambi.

Pj Sekda Provinsi Jambi, Sudirman menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan anggaran untuk penanganan meluasnya wabah Covid-19.

Ada dana 11 miliar rupiah di tiga OPD, yaitu Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Rp 7 miliar, dinkes Rp 2,5 miliar dan BPBD Rp 1,5 miliar.

Pemerintah Provinsi Jambi juga menyiapkan rekening bantuan bagi masyarakat yang ingin menyumbang di rekening Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi.

“Rekening sumbangan masyarakat telah disiapkan. Anggaran digunakan sesuai ketentuan dan aturan. Saat ini mandat diberikan pada kepala BPBD dan Karo Ops Polda Jambi,” ujar Sudirman.

Antisipasi selanjutnya penggunaan fasilitas LPMP, BPSDM dan asrama haji, jika dibutuhkan jika membludak pasien yang butuh penanganan khusus.

“Beberapa gedung punya fasilitas kamar, hanya perlu peralatan medis jika digunakan nanti,” kata Sudirman.

Beberapa penegasan disampaikan oleh Kapolda Jambi. Pada bagian kesehatan melakukan inventarisasi rumah sakit, terkait data ODP, PDP, dalam satu data valid. Kemampuan tenaga medis, APD dan kesiapan rumah sakit.

Sementara untuk Humas dapat menyampaikan secara terbuka terkait kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai data yang ada, termasuk melakukan sosialisasi bersama aparat Polri,TNI, selebaran dan tempat ibadah guna menggalang kerjasama masyarakat memerangai wabah Covid-19.

Bidang Pencegahan pada titik pintu masuk jalur darat, air dan udara serta perencanaan tempat yang perlu dilakukan penyemprotan disinfektan dan tidak terjadi tumpang tindik lokasi penyemprotan

Bidang Logistik segera menghitung kebutuhan peralatan, operasional guna tindakan dilapangan.

Bidang Pengamanan Polri dan TNI siap melakukan tugas bantuan penyiapan rumah sakit, sosialisasi, termasuk antisipasi kerawanan kebutuhan sembako.

Danrem 042/Gapu, Kolonel ARH Elphis Rudi menegaskan persiapan pengamanan serta melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait bahaya Covid-19 serta upaya memutus rantai penyebarannya dengan koordinasi bersama, sehingga tindakan tidak jalan sendiri.

“Tugas pencegahan dengan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi dilakukan secara maksimal,” kata Danrem. ***

Kategori Provinsi

Tags: ,,,,,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.