Cek Endra Akan Ciptakan Informasi Berbasis Elektronik

Laporan Rudi

INFOJAMBI.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun terus berupaya meningkatkan pelayanan. Rencananya akan dibuat program e-planning agar dapat terukur dan tepat.

Hal ini disampaikan Bupati Sarolangun, H Cek Endra, Rabu(28/3/2018). “e-planning salah satu fokus kita. Inilah upaya pemerintah meningkatkan pelayanan adminsitrasi dan kinerja. Bisa diakses langsung oleh pemerintah. Kita harus berubah agar pelayanan lebih mudah diakses masyarakat dan lebih tertib,” katanya.

Terkait persoalan penganggaran, menurut Cek Endra kedepan tidak boleh lagi ada yang “menumpang” di jalan. Bukan hanya Bappeda yang memulai sistem tersebut, namun juga 23 OPD akan mulai menerapkan rencana kerja (renja) dengan sistem itu.


”Soal penganggaran nanti tidak boleh lagi ada yang menumpang di jalan. Ini selaras dengan peningkatan mutu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), kedepan ada 23 SKPD yang akan menerapkan sistem informasi elektronik ini,” terang Cek Endra.

Dengan pelayanan berbasis elektronik ini, masyarakat Sarolangun bisa dengan mudah mengakses informasi maupun layanan yang dibutuhkan, termasuk melihat program-program pemerintah.

“Nanti akan lebih transparan, tak perlu lagi berhubungan dengan orang. Aplikasi-aplikasi perizinan itu bisa diakses lewat fasilitas umum,” ujar Cek Endra.

Sistem informasi berbasis elektronik ini adalah bagian program Korsubgah KPK. Kabupaten Sarolangun menjadi salah satu pilot project Korsubgah KPK di Provinsi Jambi, sehingga diminta mendukung program ini.

“Kita harus melakukan perubahan. Ini harus didorong. Sangat banyak program yang bisa didukung, baik dalam rangka peningkatan pelayanan dan standar dari SAKIP maupun dalam rangka keselarasan perencanaan, baik tingkat provinsi maupun pusat,” pungkas Cek Endra. ***

Editor : IJ-2

 

Kategori Sarolangun

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.