Ciptakan ASN Berkarakter, Wali Kota Fasha Kembali Kirim ASN Ikuti Diklat Revolusi Mental

INFOJAMBI.COM — Peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi merupakan salah satu prioritas utama program pembangunan Wali Kota Jambi DR H Syarif Fasha ME, terlebih lagi pada pendidikan revolusi mental sesuai dengan Nawa Cita dan Instruksi Presiden No 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental berkarakter bangsa Indonesia.

Setelah sebelumnya sukses mengirimkan Aparatur Sipil Negara Camat dan Lurah mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Revolusi Mental yang berdampak pada meningkatnya kapasitas aparatur, kini Pemerintah Kota Jambi kembali mengirimkan 66 orang ASN di lingkup Pemerintah Kota Jambi untuk mengikuti Diklat Revolusi Mental di Lembaga Pendidikan Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas, Kabupaten Subang Jawa Barat.

Menurut Wali Kota Fasha, revolusi mental sebagai bagian penting yang sangat mendasar dalam upaya membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang memiliki karakter kuat, jujur dan beretos kerja tinggi. Revolusi mental pada hakikatnya merupakan upaya merubah pola pikir, sikap dan perilaku yang berorientasi pada kemajuan dan kemaslahatan umum.

Hal tersebut mengemuka saat Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha menjadi inspektur upacara pada pembukaan Diklat Revolusi Mental dilapangan upacara Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas, Subang, Jawa Barat, Senin (6/11/2017).

Turut hadir dalam upacara dimulainya secara resmi program Diklat Revolusi Mental ASN Pemkot Jambi angkatan ke 2 tahun 2017 itu, Pembina Lembaga Pendidikan Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas yang juga Rektor IPDN Prof DR Drs Ermaya Suradinata SH MH M.Si, Mayjen TNI (Purn) H Adang Sondjaya S.Sos, serta jajaran pengajar, pelatih dan instruktur PKBI Astha Hannas.

Dalam amanatnya dihadapan peserta upacara, Wali Kota Fasha menyatakan keyakinannya, bahwa revolusi mental adalah kunci utama dalam meningkatkan legitimasi kebijakan pemerintah, sehingga pada akhirnya akan menghasilkan stabilitas yang kuat dari berbagai bidang. Dukungan yang besar dari rakyat kepada pemerintah di berbagai lapisan akan membangun stabilitas sosial, politik, dan ekonomi yang kuat.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan performa ASN Pemerintah Kota Jambi agar memiliki karakter kuat, jujur dan beretos kerja tinggi, pada hari ini selaku kepala daerah, saya menyerahkan Peserta Diklat Revolusi Mental Pemerintah Kota Jambi angkatan ke 2 yakni 66 orang ASN Kota Jambi yang terdiri dari 32 orang Eselon II, 32 orang Eselon III, Direktur PDAM Tirta Mayang dan Direktur RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Revolusi Mental di Lembaga Diklat Kampus PKBI Astha Hannas ini,” ujar Fasha dihadapan peserta upacara.

Ia menambahkan, sejak awal kepemimpinannya selalu mengedepankan komitmen yang tinggi terhadap pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik yang ditentukan oleh kapasitas ASN yang berkarakter. Oleh karenanya, Fasha minta agar ASN Pemkot Jambi dapat mengikuti keseluruhan rangkaian diklat Revolusi Mental itu dengan sungguh-sungguh.

“Ketahuilah bahwa Diklat ini mempunyai urgensi strategis dalam misi pelayanan tugas pemerintahan, lebih dari pada itu, Diklat Revolusi Mental ini adalah merupakan media bagi saudara untuk melatih diri agar menjadi ASN yang lebih profesional, bertanggung jawab, bersih, dan berwibawa serta menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, dan keadilan dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” tambah Fasha.

Wali Kota yang juga Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN itu kembali mengingatkan beban tugas yang sudah menanti didepan mata serta tingginya tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang prima.

“Ingatlah bahwa kedepan tugas-tugas kita semua akan semakin berat, tuntutan akan pelayanan publik dan pemerintahan yang bersih akan senantiasa meningkat. Oleh karena itu, kita semua dituntut untuk terus melakukan berbagai upaya guna meningkatkan kualitas dan inovasi yang tanpa henti,” pinta Fasha.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerjasama pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Revolusi Mental Angkatan ke 2 tahun 2017 antara Pemerintah Kota Jambi dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Sumberdaya Manusia Daerah (BKPSDMD) dengan Lembaga Pendidikan Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia (PKBI) Astha Hannas.

Disela-sela kegiatan tersebut, Wali Kota Syarif Fasha juga sempat menikmati makan siang bersama peserta Diklat serta meninjau barak (asrama-red) tempat peserta Diklat Revolusi Mental tersebut diinapkan. Diantara pejabat struktural Pemkot Jambi yang menjadi peserta Diklat tersebut diantaranya, Staf Ahli Wali Kota Jambi H. Izhar Muzani dan Fasa’aro Zebua, Asisten Pemerintahan Sekda H. Mukhlis A Muis, Asisten Perekonomian H. R. Erwansyah, Kasatpol PP H. Yan Ismar, Kepala Bappeda Donny Ramli, Kepala BPKAD Decky Subianda, Kepala BPPRD Subhi, Kepala Dinas PU Parti Suandri, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan M. Ridwan, Kepala Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ida Yuliati, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Daerah Liana Andriani, serta beberapa pejabat eselon 2 dan 3 lainnya. (***)

 

Kategori Kota Jambi

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.