Cuaca Ekstrim Berpotensi Badai Dan Petir

 

Laporan Rita Gunawan

INFOJAMBI.COM – Cuaca Ekstrim yang terjadi saat ini menjadi perhatian pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama yang berpotensi terjadinya angin kencang disertai petir.

H. Kosasih Kalaksa BPBD Tanjab Barat mengatakan, beberapa Daerah di Kawasan Kabupaten Tanjung Jabung Barat merupakan kawasan rawan badai disertai petir.

“Kalau cuaca seperti saat ini yang kita khawatirkan terjadinya puting beliung dan badai petir. Karena dampaknya sangat luar biasa dan menimbulkan kerusakan,” ungkap H. Kosasih.

Menurut H. Kosasih, ada beberapa kawasan terjadinya angin puting beliung. Seperti di sepanjang sungai pengabuan. Sedangkan lintasan awan petir dipetakan dari Betara, Kuala Betara, Parit Ponco dan Kecamatan Tungkal Ilir.

“Dari catatan kita, yang menjadi lintasan awan petir ini terjadi di Kecamatan Betara, Kuala Betara, Kecamatan Tungkal Ilir serta Desa Parit Ponco,” bebernya.

Buktinya, pada minggu lalu terjadi angin puting beliung. Dimana pada hari itu angin puting beliung telah merobohkan dua bangunan kelas milik SMKN 1 Kuala Tungkal.

Kemudian untuk awan petir juga pernah terjadi.  menyambar dua orang warga. Satu orang selamat dan satu lagi meninggal dunia.

“Sambaran petir yang terjadi beberapa waktu lalu sempat menyambar warga Betara. Beruntungnya akibat sambaran petir itu tidak menyebabkan kematian. Tapi ada Nelayan yang dikabarkan terkena sambaran petir  dan meninggal dunia,” sebutnya.

Untuk itu, Kosasih berharap kepada Masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, khususnya di Kecamatan Tungkal Ilir yang dekat dengan sungai,  tetap waspada dengan cuaca ekstrim seperti yang terjadi saat ini.

 

Editor : Wahyu Nugroho

 

 

 

 

Kategori Kesehatan

Tags:

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.