Dandim Tanjab : Pelibatan Masyarakat untuk Mencegah Karhutla Sangatlah Penting

Penulis : Tim TMMD || Editor : Redaksi

INFOJAMBI.COM – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0419/Tanjab di Desa Labuhan Pering diharapkan dapat membangun jiwa dan raga masyarakat sekitar. Oleh karena itu, dalam programnya tidak hanya berupa pembangunan fisik namun juga yang sifatnya non fisik.

Demikian disampaikan Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto selaku Dansatgas TMMD 108, saat bersama Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah, Kasat Pol PP Tanjab Timur Hendri, serta Kades Labuhan Pering Pak Muchtar meninjau kesiapan sarana dan prasarana dari PT. Indo Kebun Lestari Sei Benuh dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya, Minggu (26/7/2020).

Dandim Tanjab selaku Dansatgas TMMD, disaat membangun Desa melalui TMMD, juga proaktif berkeliling keluar masuk disetiap wilayah yang menjadi tanggung jawab teritorialnya untuk merangkul dan mengajak masyarakat supaya tidak membakar lahan, khususnya pada saat musim kemarau.

Kegiatan difokuskan di berbagai perusahaan perkebunan yang perkirakan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya perkebunan yang berada dekat lokasi TMMD Desa Labuhan Pring Kec. Sadu Kab. Tanjab Timur yakni PT. Indo Kebun Lestari Sei Benuh Estafe.

Menurut Letkol Inf Erwan, selain melakukan patroli pengawasan dan pemadaman, juga dilakukan pencegahan. Salah satu langkah yang diyakini efektif, kata Erwan adalah mengecek kesiapan sarana dan prasarana untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut diantaranya pengadaan selang air untuk pemadam kebakaran.

“Kami juga mengajak dan merangkul warga setempat untuk ikut berperan mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” ujar Dansatgas saat mengecek jangkauan selang air pemadaman.

Dansatgas yang juga Dandim Tanjab ini mengatakan bahwa Babinsa di Koramil jajaran Kodim 0419/Tanjab bersama Bhabinkamtibmas selalu berkeliling mengimbau warga Desa binaanya untuk tidak membakar lahan saat membuka usaha pertanian saat kemarau. “Pelibatan masyarakat untuk mencegah Karhutla sangatlah penting”, tambahnya. ***

Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.