Sabtu, 15 Desember 2018 | 23:32

Danrem 042/Gapu Pimpin Upacara Penutupan TMMD ke-103 di Tanjab Timur

Penulis : Tim Liputan
Editor : Dora

INFOJAMBI.COM — Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto SE, selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) memimpin upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 TA. 2018 di Lapangan bola Kelurahan Mendahara Ilir Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjab Timur, Selasa (13/11).

TMMD ke-103 TA. 2018 di kabupaten Tanjab Timur yang berlangsung sejak dibuka pada tanggal 15 Oktober 2018, untuk sasaran fisik seluruhnya telah mencapai 100% diantaranya pembukaan jalan baru dari Dusun Duri 5 Sungai Ayam Desa Pangkal Duri menuju Desa Sinar Kalimantan Kecamatan Mendahara Kabupaten Tanjung Jabung Timur sepanjang 2.550 Meter dengan lebar 6 Meter, Pembuatan sumur bor sebanyak 2 Unit, Rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 6 Unit, Perbaikan lapangan Badminton, Penebalan tanggul sekolah SDN 64/X Sungai Ayam, dan Pembuatan tempat penyaringan air bersih sumur bor sebanyak 1 Unit.

Sementara untuk sasaran non fisik, dilakukan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan mental spiritual atau kejuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat, melalui Penyuluhan Kesehatan Hewan Ternak, Pemberantasan Hama Kumbang, Penyuluhan Budidaya Tanaman Perkebunan, Penyuluhan tentang Kamtibmas, Penyuluhan pemanfaatan pekarangan rumah, Penyuluhan dan sosialisasi pengolahan persampahan, Penyuluhan tentang himbauan larangan alat tangkap ramah lingkungan dan himbauan larangan penangkapan ikan dengan strum dan putas, Penyuluhan Farentik suatu program yang diberikan kepada orang tua murid paud, Penyuluhan Program sertifikasi tanah, Ceramah Agama, Penyuluhan 4 Pilar Kebangsaan, Sosialisasi Penanganan Karhutla, Penyuluhan pemasangan instalasi serta Sosialisasi sensus penduduk Tahun 2020.

Untuk kegiatan baksos dilakukan Pelayanan KB, Pengobatan Gratis dan Khitanan Massal, Pemberian Paket Sembako, serta Olahraga bersama masyarakat, Lomba Photography TMMD Ke-103 Tanjab, dan Kegiatan Mendahara Got Talent, ujar Dandim.

Dalam sambutan Kasad Jendral TNI Mulyono yang dibacakan oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto SE menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke-103 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai yang telah direncanakan sebelumnya.

Pada TMMD ke-103 tahun 2018 program TMMD yang telah berjalan secara rutin, pelaksanaan TMMD ke-103 ini diarahkan untuk mencapai sasaran pembangunan fisik dan non-fisik. Dari segi pembangunan fisik, Satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat secara nasional telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan 52 km lebih jalan baru, serta peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km. Selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat.

Selain itu juga terdapat sasaran non-fisik berupa penyuluhan kesehatan, metode bertani dan beternak modern, serta sosialisasi hukum, bahaya Narkoba, maupun kesadaran Bela Negara.

Di samping sasaran fisik dan non-fisik tersebut, pelaksanaan TMMD ini juga membawa misi khusus, yaitu untuk menyatukan perbedaan dalam masyarakat guna mencegah potensi perpecahan dan berkembangnya intoleransi, serta menumbuhkan kedekatan antara rakyat dengan prajurit TNI. Karena itulah, bagi prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ini saya wajibkan untuk tidur dan makan di rumah masyarakat, dengan memanfaatkan ULP prajurit yang diberikan oleh Komando Atas.

Pada upacara penutupan TMMD ke-103 dilaksanakan juga Penyerahan Sembako sejumlah 300 paket, Pemberian Bea Siswa sejumlah 39 orang, Penyerahan Bantuan Tas dan Buku untuk anak SD sejumlah 39 orang, Pemberian Bantuan Ayam Buras sejumlah 200 ekor kepada Kelompok Tani Suka Maju Kab. Tanjab Timur, Penyerahan Pemenang Lomba Photography TMMD Ke-103 sejumlah 3 orang serta pengobatan gratis dan donor darah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pabandya Komsos Sterdam II/Swj Letnan Kolonel Inf Liston Sinurat, Bupati Tanjab Timur H Romy Hariyanto, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Arry Yusdistira, Unsur Forkopimda Tanjab Timur, Staf Ahli Bupati Tanjab Timur, Para Asisten dan Kepala OPD Tanjab Timur. ***


Kategori Tanjung Jabung Timur

Tags: ,

Tanggapan Anda

Alamat email Anda tidak akan kami tampilkan.